Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Mahmud Yunus Dengan Pendidikan Islam Era 4.0

Wibowo, Singgih Satrio (2020) Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Mahmud Yunus Dengan Pendidikan Islam Era 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Publikasi_210316097_SINGGIH SATRIO WIBOWO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wibowo, Singgih Satrio. 2020. Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Mahmud Yunus Dengan Pendidikan Islam Era 4.0. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad lutfi, M.Fil.I..
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Mahmud Yunus, Era Revolusi Industri 4.0, Relevansi.
Mahmud Yunus adalah bapak pelopor pembaharu pendidikan pertama di Indonesia. Sebagai pelopor pendidikan dapat dilihat dari berbagai macam literatur-literatur dalam berbagai macam bidang yang beliau tuliskan. Di antaranya dalam bidang pendidikan, bidang hukum islam (fiqih), Bidang Tafsir, Bidang Akhlak, Bidang Sejarah, dan sebagainya. Beliau juga salah satu ulama dari Sumatera Barat yang berjasa dalam pengembangan pendidikan islam dengan konsep-konsep yang beliau terapkan dalam pendidikan islam.
Di era ini yang telah memasuki era modern 4.0 (Revolusi Industri) pendidikan islam mempunyai banyak tantangan dalam hal mendidik siswa-siswanya. Diamana di era ini peran manusia akan di gantikan oleh mesin-mesin canggih. Diantaranya kegiatan belajar mengajar sekarang dilakukan secara online menggunakan peralatan modern dan aplikasi yang tersedia di website. Selain itu di era industri 4.0 ini merupakan era yang menuntut perubahan secara cepat, di tandai dengan adanya sistem cyber-fisik, komputasi awan dan internet of things (IoT). Dengan demikian hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi dunia pendidikan.
Selanjutnya penulis disini bertujuan merelevansikan pemikiran pendidikan islam Mahmud Yunus dengan pendidikan islam era 4.0 (tuntutan pola kehidupan di era revolusi industri 4.0), dengan menggunakan metode penelitian Studi Pustaka (library Research). Yaitu penelitian yang bukan di tujukan kepada subyek penelitian, melainkan melalui beberapa buku, dapat berupa, buku-buku, jurnal, artikel dan beberapa sumber lainnya yang relevan.
Dari semua perubahan yang telah ada di era 4.0 ini, apakah konsep pemikiran pendidikan Islam Mahmud Yunus masih ada keterkaitan dengan tuntutan pola kehidupan di era ini. Dimana tantangan yang dihadapi dunia pendidikan semakin kompleks, pendidikan di tuntut untuk menyesuaikan dengan keberadaan era revolusi industri 4.0. Maka dari itu, penulis mencoba untuk merelevansikan diantara kedua hal tersebut apakah pendapat dari Mahmud Yunus tentang pemikiran pendidikan Islam masih mempunyai relevansi dengan pendidikan Islam di era 4.0 (tuntutan pola kehidupan di era revolusi industri 4.0) ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Lutfi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:56
Last Modified: 10 Nov 2020 06:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item View Item