Analisis Penerapan Fungsi Kelompok Tani "Gondo Arum" Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus di Dusun Gondosuli, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun)

Andari, Friska Dila (2020) Analisis Penerapan Fungsi Kelompok Tani "Gondo Arum" Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus di Dusun Gondosuli, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716061-FRISKA DILA ANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andari, Friska Dila. Analisis Penerapan Fungsi Kelompok Tani “Gondo Arum” Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Anggota (Studi Kasus di Dusun Gondosuli, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun). Skripsi. 2020. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Kelas Belajar, Wahana Kerjasama, Unit Produksi
Sektor pertanian merupakan sektor unggulan yang menopang perekonomian nasional dan menjadi tumpuan pendapatan masyarakat petani. Salah satu usaha pemerintah bersama petani dalam rangka membangun kemandiriannya adalah dengan membentuk kelompok tani di pedesaan. Kelompok tani menghendaki terwujudnya usaha tani yang optimal dan keluarga tani yang sejahtera. Akan tetapi penerapan fungsi kelompok tani “Gondo Arum” masih kurang yaitu sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi sehingga belum bisa meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok tani.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji kredibilitas. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan fungsi kelompok tani “Gondo Arum” untuk meningkatkan kesejahteraan anggota belum tercapai hal ini disebabkan karena pada fungsi kelas belajar belum mampu mempersiapkan dengan baik kebutuhan belajar, peraturan yang disepakati belum dilaksanakan sepenuhnya, dan pelaksanaan kelas belajar sangat terbatas serta tidak bisa diikuti oleh semua anggota. Pada fungsi wahana kerjasama adanya ketidakmaksimalan pelaksanaan tugas/kerja pada seksi pengolahan hasil dan pemasaran, belum memiliki kerjasama dengan pendukung usaha tani. Pada fungsi unit produksi yaitu terbatasnya fasilitas pendukung usaha tani serta pendampingan ahli dan kemampuan operasional teknologi masih kurang, dan belum menjalin kerjasama dengan pihak pendukung usaha tani kaitannya unit produksi. Seharusnya kelompok tani “Gondo Arum” pada fungsi kelas belajar mengkomunikasikan materi belajar kepada pemateri secara intensif untuk kebutuhan anggota, memberikan sanksi yang tegas kepada anggota yang melanggar peraturan yang telah disepakati, dan melaksanakan kegiatan belajar dengan penerapan strategi yang melibatkan keseluruhan anggota juga menambah pelaksanaan kelas belajar. Pada fungsi wahana kerjasama melakukan evaluasi terhadap internal pengurus serta menghadirkan tenaga penyuluh yang kompeten pada bidang pengolahan dan pemasaran produk pertanian, membangun dan memperluas relasi dengan kelembagaan agrobisnis, melakukan usaha budidaya kelompok, membuka jasa tenaga kelompok, menyewakan aset kelompok untuk pemupukan modal. Pada fungsi unit produksi menjalin kerjasama dengan penyedia fasilitas pendukung usaha tani, mengikuti bimbingan teknis untuk operasional fasilitas, dan menjalin kerjasama dengan KUD, BUMDesa, dan pedagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:42
Last Modified: 09 Nov 2020 16:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11150

Actions (login required)

View Item View Item