Analisis Pengelolaan Pendapatan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Di Kecamatan Babadan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Kusumawati, Hanan (2020) Analisis Pengelolaan Pendapatan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Di Kecamatan Babadan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716038_HananKusumawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kusumawati, Hanan. Analisis Pengelolaan Pendapatan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Di Kecamatan Babadan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. 2020. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Agung Eko Purwana, SE, MSI.
Kata Kunci : Konsumsi, Tabungan, Zakat

Pengelolaan pendapatan yang dilakukan oleh Keluarga TKI di Kecamatan Babadan masih belum mencapai taraf keseimbangan dimana rendahnya pengelolaan pendapatan juga akan berdampak pada sikap konsumtif pada masyarakat sehingga mengerucutkan peluang untuk mencapai kesejahteraan. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana pengelolaan pendapatan yang dilakukan keluarga tenaga kerja Indonesia di Kecamatan Babadan, apakah motif dan tujuan yang melatarbelakangi pengalokasian pendapatan yang dilakukan oleh keluarga tenaga kerja Indonesia di Kecamatan Babadan, dan bagaimana pengalokasian pendapatan dalam bentuk zakat, infaq, dan sedekah yang dilakukan oleh keluarga tenaga kerja Indonesia di Kecamatan Babadan?
Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan pendapatan yang dilakukan oleh keluarga TKI di Kecamatan Babadan sebagian besar teralokasi untuk konsumsi tanpa memperhitungkan tingkat urgensi dalam konsumsi mereka, untuk alokasi dalam bentuk investasi memang sudah dilakukan dengan bentuk pembelian emas sebagai investasi sederhana dalam keluarga, dan untuk alokasi tabungan keluarga TKI masih belum mengalokasikan pendapatannya dalam hal tersebut. Keluarga TKI di Kecamatan Bababadan dalam hal ini menerapkan tiga motif ekonomi dari kelima motif ekonomi yang telah dipaparkan dimana sebagai pemenuhan kebutuhan, dalam rangka memperoleh keberuntungan serta melakukan distribusi pendapatan dan kekayaan yang adil dengan memberikan nilai yang sangat penting bagi persaudaraan dan keadilan sosial ekonomi. Keluarga TKI di Kecamatan Babadan sudah melakukan penyaluran pendapatan dalam bentuk zakat, untuk infaq dan sedekah masih jarang dilakukan mereka mengalokasikan pendapatan dalam bentuk infaq dan sedekah ketika perekonomian dalam keluarga mereka mengalami peningkatan untuk itu mereka akan mempunyai sisa pendapatan yang dapat disalurkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:41
Last Modified: 09 Nov 2020 16:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11148

Actions (login required)

View Item View Item