Pengaruh Pendapatan Margin Murabahah dan Dana Simpanan Wadiah terhadap Bonus Wadiah pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019

Yolanda, Rani (2020) Pengaruh Pendapatan Margin Murabahah dan Dana Simpanan Wadiah terhadap Bonus Wadiah pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RANI YOLANDA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yolanda, Rani. 2020. “Pengaruh Pendapatan Margin Murabahah Dan Dana Simpanan Wadiah Terhadap Bonus Wadiah Pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Ely masykuroh, SE., M.Si
Kata Kunci : Margin Murabahah, Dana Pihak Ketiga, Bonus.
Bonus wadiah adalah bonus yang diberikan pada nasabah simpanan wadiah sebagai retrun atau insentif berupa uang kepada nasabah tabungan wadiah, sebagai bentuk balas jasa telah menitipkan dananya di bank tersebut. Bonus sendiri merupakan salah satu sarana bank syariah untuk menarik minat menabung calon nasabah untuk menyimpan sejumlah dana nya kepada bank. Konsep pemberian bonus dalam simpanan wadiah diambil dari keuntungan pihak bank syariah dalam menjalankan usahanya memproduksi dana. Besarnya bonus itu sendiri diberikan oleh pihak bank sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan dan sesuai dengan kemampuan bank. Semakin tinggi tingkat pendapatan bank maka akan berpengaruh terhadap porsi bonus simpanan wadiah. Namun, pada laporan keuangan bank syariah mandiri periode 2017 ke 2018 terjadi peningkatan pendapatan margin murabahah serta dana simpanan wadiah sementara besarnya bonus wadiah mengalami penurunan di tahun tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Apakah pendapatan margin murabahah berpengaruh terhadap besarnya bonus wadiah pada Bank Syariah Mandiri ?, 2) Apakah dana simpanan wadiah berpengaruh terhadap besarnya bonus wadiah pada Bank Syariah Mandiri ?, 3) Apakah pendapatan margin murabahah dan dana simpanan wadiah berpengaruh terhadap besarnya bonus wadiah pada bank syariah mandiri?
Berdasarkan masalah yang dipaparkan diatas maka penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan triwulan Bank Syariah Mandiri tahun 2012-2019 dengan jumlah 32 data, data diperoleh dari website Bank Syariah Mandiri. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh melalui data yang disediakan oleh Bank Syariah Mandiri. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan margin murabahah berpengaruh signifikan terhadap bonus wadiah. Dana simpanan wadiah tidak berpengaruh signifikan terhadap bonus wadiah. Secara simultan pendapatan margin murabahah dan dana simpanan wadiah berpengaruh terhadap bonus wadiah adalah sebesar 68,3% dan sisanya sebesar 31,7% dipengaruhi oleh faktor lain selain pendapatan margin murabahah dan dana simpanan wadiah yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:32
Last Modified: 09 Nov 2020 16:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item