PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 1 SURODIKRAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aini, Nur (2020) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 1 SURODIKRAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616045_NUR AINI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aini, Nur. 2020. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa
Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa
Kelas III di SDN 1 Surodikraman Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan (FATIK) Instritut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Lukman Hakim, M.Ag.
Kata Kunci : Gaya Mengajar, Minat Belajar, Hasil Belajar.
Pada dasarnya faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sangatlah
beragam. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah: 1) Faktor
internal meliputi; faktor jasmaniyah dan faktor psikologis (motivasi, bakat, minat,
intelegensi, dan faktor kelelahan). 2) Faktor eksternal meliputi; a) Faktor keluarga
(cara orang tua mendidik relasi antar keluarga). b) Faktor sekolah (metode belajar,
kurikulum, relasi guru dengan siswa, disiplin sekolah, alat pengajaran, waktu
sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah). c)
Faktor masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN
1 Surodikraman. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minar belajar
siswa terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman . (3) Untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru dan minat belajar siswa
terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaitf dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik kuisoner
(angket) dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan
rumus regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2, dan
rumus regresi linier berganda untuk menjawab rumusan masalah 3. Hasil dari
penelitian ini yaitu: Ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di
SDN 1 Surodikraman. Besar pengaruhnya adalah 82,3%, sedangkan 17,7%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ada pengaruh yang signifikan
antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa
Indonesia siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. Besar pengaruhnya adalah
70,7%, sedangkan 29,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ada
pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru dan minat belajar siswa
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di
SDN 1 Surodikraman. Besar pengaruhnya adalah 82,7%, sedangkan 17,3%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:29
Last Modified: 09 Nov 2020 16:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item