Pengaruh Ekosistem Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020

Rais, Muhammad Hisyam Ihsan (2020) Pengaruh Ekosistem Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Hisyam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rais, Muhammad Hisyam Ihsan. 2020. Pengaruh Ekosistem Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2019 – 2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Pryla Rochmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Ekosistem Pendidikan, Motivasi belajar
Dalam proses belajar mengajar peran motivasi sangatlah tinggi, karena motivasi adalah dorongan yang mampu membuat semangat dalam belajar. Dorongan tersebut berasal dari dalam dan luar peserta didik. Dorongan yang berasal dari luar peserta didik diantaranya yaitu media belajar dan lingkungan pendidikan. Media pembelajaran dan lingkungan pendidikan tersebut termasuk dalam ekosistem pendidikan dimana peran pendidiklah yang mempu membuat ekosistem tersebut menjadi hidup agar peserta didik mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar. Seorang pendidik haruslah memiliki berbagai keterampilan mengajar, jika tidak maka proses belajar mengajar tidaklah akan menjadi hidup, kelas akan mati dan tujuan pendidikan tidak tercapai.
Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui tingkat ekosistem pendidikan kelas X di SMAN 1 Jetis tahun pelajaran 2019-2020, 2) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Jetis tahun pelajaran 2019-2020, 3) untuk mengetahui adakah pengaruh ekosistem pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020.
Jenis pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif, Pendekatan penelitian kuantitatif ialah pendekatan yang didalam usaha penelitian, proses, hipotesis, turun ke lapangan, analisis data dan kesimpulan data sampai dengan penulisannya menggunakan aspek pengukuran, perhitungan, rumus, dan kepastian data numerik. Responden pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMAN 1 Jetis dengan jumlah 75 anak, dalam pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Tekhnik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini adalah ekosistem pendidikan mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X tahun 2019-2020. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil dari tingkatan pada tabel kategori, dapat diketahui bahwa ekosistem pendidikan di SMAN 1 Jetis dalam kategori tinggi sebanyak 9 peserta didik, dalam kategori sedang sebanyak 59 peserta didik, dalam kategori rendah sebanyak 7 peserta didik. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa ekosistem pendidikan pada SMAN 1 jetis termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk motivasi belajar di SMAN 1 Jetis dalam kategori tinggi sebanyak 8 peserta didik, dalam kategori sedang sebanyak 57 peserta didik, dalam kategori rendah sebanyak 10 peserta didik. Dengan demikian secara umum dapat dikatakan bahwa motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Jetis termasuk dalam kategori sedang. Dari hasil besarnya nilai korelasi/hubungan R yaitu sebesar 0,524 dan dijelaskan besar presentase besar pengaruh variabel terikat yang disebut koefisien determinasi yang merupakan hasil pengkuadratan R. dari hasil koefisien R2 diperoleh sebesar 0,274 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh ekosistem pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X sebesar 27,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara ekosistem pendidikan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pryla Rochmawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:39
Last Modified: 09 Nov 2020 07:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11131

Actions (login required)

View Item View Item