Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB di BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang

Budiarti, Afrida Eka (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB di BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFRIDA EKA B.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Budiarti, Afrida Eka. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB di BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.
Kata Kunci : Strategi Tempat, Strategi Promosi, Minat Nasabah
BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang merupakan salah satu bank syariah yang mempunyai produk tabungan haji. Dalam memasarkan produknya BRI Syariah KCP Mojoagung menggunakan metode marketing mix. Salah satunya adalah strategi promosi. Namun, dari beberapa strategi promosi yang diterapkan, hanya satu strategi yang masih digunakan yaitu crossselling.Hal tersebut membuat minat nasabah pada produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB ini semakin menurun.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis strategi product, price, place, people, process, dan physical evidence produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB di BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang? dan Bagaimana analisis strategi promosi produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB di BRI Syariah KCP MojoagungJombang?.
Skripsi ini menggunakan metode penelitian field research karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deduktif dengan pemaparan teori di awal kemudian diikuti oleh pemaparan fakta di lapangan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB meliputi: product (produk), price (harga), place (tempat), people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan proces (proses). Dari penerapan 6P diatas, terdapat penerapan yang belum maksimal pada strategi place (tempat) karena hanya mengandalkan letak kantor yang strategis dan hanya mengandalkan julukan Kabupaten Jombang sebagai kota religius membuat pendistribusian produk Tabungan Haji menjadi kurang merata dan kurang dikenal masyarakat luas. Seharusnya pihak BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang lebih memperluas sasaran distribusi produk sehingga produk Tabungan Haji dapat diketahui oleh masyarakat luas.Strategi promosi yang digunakan oleh BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang dalam memasarkan produk Tabungan Haji adalah:door to door, cross selling, periklanan dan open table. Dari beberapa strategi promosi yang diterapkan oleh BRI Syariah KCP Mojoagung Jombang untuk produk Tabungan Faedah Haji BRISyariah iB,hanya satu strategi promosi yang diterapkan hingga sekarang yaitu strategi cross selling oleh Customer Service (CS). Hal ini membuat strategi promosi yang dilakukan menjadi kurang maksimal karena hanya satu strategi yang diterapkan. Pihak bank seharusnya tidak hanya menerapkan satu strategi untuk mempromosikan produk Tabungan Haji agar produknya dapat dikenalkan denganbaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 16:16
Last Modified: 17 Dec 2021 07:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item