(upload ulang sesuai kaidah..judul ditulis huruf kecil semua)..PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 1 SURODIKRAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aini, Nur (2020) (upload ulang sesuai kaidah..judul ditulis huruf kecil semua)..PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 1 SURODIKRAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NUR AINI 210616045 SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aini, Nur. 2020. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di SDN 1 Surodikraman Tahun Pelajaran 2019-2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Instritut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M.Ag.

Kata Kunci : Gaya Mengajar, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Pada dasarnya faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa sangatlah beragam. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah: 1) Faktor internal meliputi; faktor jasmaniyah dan faktor psikologis (motivasi, bakat, minat, intelegensi, dan faktor kelelahan). 2) Faktor eksternal meliputi; a) Faktor keluarga (cara orang tua mendidik relasi antar keluarga). b) Faktor sekolah (metode belajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, disiplin sekolah, alat pengajaran, waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah). c) Faktor masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minar belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman . (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaitf dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik kuisoner (angket) dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisa datanya menggunakan rumus regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah 1 dan 2, dan rumus regresi linier berganda untuk menjawab rumusan masalah 3. Hasil dari penelitian ini yaitu: Ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. Besar pengaruhnya adalah 82,3%, sedangkan 17,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. Besar pengaruhnya adalah 70,7%, sedangkan 29,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN 1 Surodikraman. Besar pengaruhnya adalah 82,7%, sedangkan 17,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:42
Last Modified: 09 Nov 2020 03:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item