POLA PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI MELALUI PROGRAM PENDALAMAN AL-QUR’AN AHAD PAGI DI PONDOK PESANTREN HUDALLĀH JALAN WILIS NOLOGATEN PONOROGO

Mahestri, Yustika (2020) POLA PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI MELALUI PROGRAM PENDALAMAN AL-QUR’AN AHAD PAGI DI PONDOK PESANTREN HUDALLĀH JALAN WILIS NOLOGATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES YUSTIKA MAHESTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahestri, Yustika. 2020. Pola Pembentukan Akhlak Santri melalui Program Pendalaman Al-Qur’an Ahad Pagi di Pondok Pesantren Hudallāh Jalan Wilis Nologaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo, Pembimbing. Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Akhlak, Pendalaman, Al-Qur’an
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya mendalami dan memahami nilai-nilai akhlak dalam Al-Qur’an, sehingga masih banyak orang yang mempelajarinya sekedar bagus tajwidnya namun yang dibacanya belum mampu membentuk akhlak Qur’ani. Hal ini juga terjadi pada santri Pondok Pesantren Hudallāh sebagian besar sudah bisa membaca Al-Qur’an, namun masalahnya belum bisa memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai akhlak yang ada dalam Al-Qur’an secara mandiri, sehingga akhlak Qur’ani belum benar-benar terefleksikan dalam diri santri. Penerapan pendalaman Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hudallāh ini diharapkan bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian di Hudallāh Nologaten Ponorogo ini adalah untuk mengetahui: 1) Rancangan Program Pendalaman Al-Qur’an Ahad Pagi di Pondok Pesantren Hudallāh 2) Implementasi Program Pendalaman Al-Qur’an Ahad Pagi di Pondok Pesantren Hudallāh, 3) Hasil perubahan akhlak santri setelah mengikuti kegiatan rutinan Pendalaman Al-Qur’an Ahad Pagi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian di Pondok Pesantren Hudallāh Nologaten Ponorogo ditemukan bahwa 1) Program ini dirancang tanpa adanya rancangan formal khusus dari pihak pimpinan pondok, seperti petunjuk teknis atau petunjuk pelaksanaan yang tertulis. Namun antara pimpinan dengan santri telah membangun kesepakatan untuk konsisten dan istiqomah dalam menjalankan program tersebut. Pola pembentukan akhlak yang diterapkan guru melalui pendekatan spiritual melalui hikmah-hikmah yang terdapat dalam Al-Qur’an, serta keteladanan yang dicontohkan oleh guru. Selain itu juga melalui pembiasaan melalui kegiatan-kegiatan lainnya. 2) Pelaksanaannya dilaksanakan setiap Ahad pagi dengan santri terlebih dahulu membaca amalan atau riyadhoh kemudian dibuka guru dengan bertawasul terlebih dahulu kemudian guru membacakan ayat secara bin nadhor dan santri menyimak menggunakan Al-Qur’an terjemah dan guru memberi penjelasan yang juga merujuk dari tafsir dan kitab-kitab kuning serta qaul sahabat, dengan dikaitkan kejadian yang dialami santri maupun fenomena yang sedang terjadi. Kendalanya yaitu dari diri santri itu sendiri yaitu keistiqomahan, dan belum adanya tata tertib dan sangsi yang iharapkan dapan mendisiplinkan santri. 3) Hasil perubahan akhlak santri selama mengikuti pendalaman Al-Qur’an mengalami perubahan ke arah positif, meskipun belum sepenuhnya. Jika sebelumnya masih ada santri yang belum taat dalam beribadah, setelah mengikuti pendalaman Al-Qur’an santri telah memahami pentingnya ketaatan dalam beribadah contohnya sholat tepat waktu. Dan dari segi akhlak sesama manusia, jika sebelumnya santri masih ada yang memiliki sifat egois, suka merepotkan orang lain, setelah mengikuti pendalaman perlahan dibukakan kesadaran dan perlahan memperbaiki akhlaknya. Dan dari segi akhlak terhadap alam, jika sebelumnya santri masih ada yang belum memperhatikan kebersihan lingkungan, setelah mengikuti pendalaman Al-Qur’an santri menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya tempat ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UMAR SIDIQ
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2020 21:14
Last Modified: 08 Nov 2020 21:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item