Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Dukungan Orang Tua dengan Kesiapan Siswa Kelas IX dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020 di MTsN 1 Kab. Madiun

Maghfiroh, Ulfa Ummul (2020) Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Dukungan Orang Tua dengan Kesiapan Siswa Kelas IX dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020 di MTsN 1 Kab. Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FILE_SKRIPSI_ULFA_FULL_UPLOAD UPT PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maghfiroh, Ulfa Ummul. 2020. Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Dukungan Orang Tua dengan Kesiapan Siswa Kelas IX dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020 di MTsN 1 Kab. Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.H.M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Kesiapan Siswa, Kecerdasan Spiritual, Dukungan Orang Tua
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya hal yang membuat para remaja mudah sekali terguncang perasaan dan psikisnya. Salah satunya yaitu dengan adanya ujian nasional. Ujian nasional dapat memberikan efek psikologi pada siswa. Agama dan nilai-nilai moral yan merupakan bagian dari kecerdasan spiritual akan menjadi pengendali kehidupan manusia dan pembinaan pribadi. Semakin kuat pengaruhnya dalam pengendalian tingkah laku dan pembentukan sikap maka, hal ini pun nantinya akan mempengaruhi seseorang dalam mengelola kontrol diri dan emosinya, termasuk dapat mempengaruhi kesiapan anak dalam menghadapi rasa kecemasannya terhadap ujian nasional. Keberhasilan seorang anak dalam menghadapi ujian nasional juga tidak bisa terlepas dari dukungan orang tua yang selalu memberikan semangat positif dan dukungan dalam bentuk apapun demi keberhasilan anaknya.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK Tahun 2020 di MTsN 1 Kab. Madiun. (2) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara dorongan orang tua dengan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK Tahun 2020 di MTsN 1 Kab. Madiun. (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan dukungan orang tua dengan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK Tahun 2020 di MTsN 1 Kab. Madiun.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan sampel sejumlah 140 siswa. sampel diambil dengan teknik proportionate random sampling karena populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan jumlahnya tidak sama dalam setiap kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana dan ganda.
Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) kecerdasan spiritual berhubungan secara signifikan sebesar 24,2% dengan kesiapan siswa dan sisanya 75,8% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti, 2) dukungan orang tua berhubungan secara signifikan sebesar 31,7% dengan kesiapan siswa dan sisanya 68,3% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti, 3) kecerdasan spiritual dan dukungan orang tua berhubungan secara signifikan sebesar 43,3% dengan kesiapan siswa dan sisanya 56,7% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dikatakan signifikan karena dalam analisa keseluruhan menunjukkan dimana 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2020 21:13
Last Modified: 08 Nov 2020 21:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11111

Actions (login required)

View Item View Item