(LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI) Analisis SWOT terhadap strategi Pengembangan Usaha Mikro Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Pengrajin Sepatu Kulit Sumali Novitha Di Kelurahan Keniten Kabupaten Ponorogo

Setyani, Ugin (2020) (LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM DITANDA TANGANI) Analisis SWOT terhadap strategi Pengembangan Usaha Mikro Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Pengrajin Sepatu Kulit Sumali Novitha Di Kelurahan Keniten Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD THESES IAIN PONOROGO PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setyani, Ugin. Analisis SWOT Terhadap Strategi Pengembangan Usaha Mikro Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Pengrajin Sepatu Kulit Sumali Novitha Di Kelurahan Keniten Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata kunci: Strategi pengembangan, usaha mikro ekonomi kreatif, analisis SWOT.

Strategi pengembangan usaha merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi usaha mikro dalam pengembangan sayap usaha yang mampu memberi arah dan mengatur langkah usaha. Menurut Jatmiko, Strategi dideskripsikan sebagai suatu cara dimana organisasi akan mencapai tujuan-tujuannya, sesuai dengan peluang-peluang dan ancaman-ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta sumber daya dan kemampuan internal organisasi.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi apa yang telah dijalankan usaha mikro berbasis ekonomi kreatif Sumali Novitha dan memberi alternatif strategi yang sesuai dengan posisi dan keadaan usaha saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu data dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis SWOT untuk membantu analisis penelitian dalam penentuan posisi dan alternatif strategi pengembangan usaha di usaha pengrajin kulit Sumali Novitha. Strategi usaha yang digunakan dalam data penelitian ini meliputi strategi produk, promosi dan distribusi.
Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa strategi produk usaha pengrajin kulit Sumali Novitha berdasarkan analisis Matrik IE berada pada sel IV yaitu tahap hati-hati dengan strategi stabilitas. Sedangkan hasil analisis diagram SWOT berada pada kuadran I yaitu memiliki peluang dan kekuatan besar. Alternatif strategi produk sesuai matrik SWOT yaitu strategi SO. Untuk strategi promosi usaha pengrajin kulit Sumali Novitha berdasarkan analisis Matrik IE berada pada sel V yaitu tahap pertumbuhan/stabilitas dengan strategi konsentrasi melalui integrasi horizontal atau stabilitas. Sedangkan hasil analisis diagram SWOT berada pada kuadran II yaitu memiliki ancaman cukup dari luar dan kekuatan internal untuk menghadapi. Alternatif strategi promosi sesuai matrik SWOT yaitu strategi ST. Untuk strategi distribusi usaha pengrajin kulit Sumali Novitha berdasarkan analisis Matrik IE berada pada sel I yaitu tahap pertumbuhan dengan strategi konsentrasi melalui integrasi vertikal. Sedangkan hasil analisis diagram SWOT berada pada kuadran II yaitu memiliki ancaman cukup dari luar dan kekuatan internal untuk menghadapi. Alternatif strategi distribusi sesuai matrik SWOT yaitu strategi ST.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2020 21:11
Last Modified: 08 Nov 2020 21:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11104

Actions (login required)

View Item View Item