Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Koki-Koki Cilik dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Mu'alimah, Irin Hamidah (2020) Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Koki-Koki Cilik dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
perpus Skripsi - 210616001 - Irin hamidah m.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mu’alimah, Irin Hamidah. 2020. Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Koki-Koki Cilik dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter bagi Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai Budi Pekerti, Film Koki-Koki Cilik, Pendidikan Karakter.

Indonesia sedang mengalami krisis karakter dimana masyarakat Indonesia kehilangan peradaban ketimuran. Nilai-nilai luhur bangsa mengalami kelunturan pada diri anak-anak muda. Oleh sebab itu, diperlukan tindakan untuk mengembalikan jati diri manusia. Salah satunya adalah penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui pendidikan karakter. Proses penanaman pendidikan karakter di sekolah tidak hanya dapat dilakukan melalui buku pelajaran tetapi dapat pula melalui media lain yang ebih efektif, misalnya melalui film. Film Koki-Koki Cilik dapat menjadi referensi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai budi pekerti yang terdapat dalam Film Koki-Koki Cilik dan relevasinya dengan pendidikan karakter bagi siswa tingkat Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan atau library research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data literer. Data yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai budi pekerti yang terkandung dalam film Koki-Koki Cilik, yaitu meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dan selalu menaati ajaran-Nya, mengembangkan etos kerja dan belajar, mengembangkan cinta dan kasih sayang, kesetiakawanan, memiliki kebersamaan dan gotong royong serta berpikir positif. Terdapat relevansi antara nilai-nilai budi pekerti dalam film Koki-Koki Cilik dengan pendidikan karakter bagi siswa tingkat Sekolah Dasar. Nilai budi pekerti meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dan selalu menaati ajaran-Nya relevan dengan nilai karakter religius. Nilai budi pekerti mengembangkan etos kerja dan belajar relevan dengan nilai karakter kerja keras, kreatif, gemar membaca dan rasa ingin tahu. Nilai budi pekerti mengembangkan cinta dan kasih sayang relevan dengan nilai karakter menghargai prestasi dan peduli sosial. Nilai budi pekerti kesetiakawanan relevan dengan nilai karakter bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi dan peduli sosial. Nilai budi pekerti memiliki kebersamaan dan gotong royong relevan dengan nilai karakter peduli sosial. Nilai budi pekerti berpikir positif relevan dengan nilai karakter mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Nov 2020 21:06
Last Modified: 08 Nov 2020 21:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item