Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Siswa Kelas 1 Di MI Ma'arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020

Afifah, Eva Nur (2020) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Siswa Kelas 1 Di MI Ma'arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Eva Nur Afifah_210616120.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afifah, Nur, Eva. 2020. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 Siswa Kelas 1 Di MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Scramble, Keaktifan, Hasil Belajar
Model pembelajaran merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapakan dengan baik oleh guru, karena model pembelajaran digunakan sebagai alat untuk menyampaikan suatu informasi kepada siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tematik yang berimbas pada hasil belajar. Kurangnya pemahamandan kecekatan siswa dalam menanggapi suatu materi,bisa jadi disebabkan oleh proses pembelajaran yang terlalu monoton.Dewasa ini, model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat dijadikan alternatif guru untuk mempermudah menyampaikan materi. Tidak hanya membantu proses pembelajaran, namun membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenagkan karena terdapat unsur permainan didalamnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe scrambleterhadap keaktifan belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo, 2) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo, 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap keaktifan hasil belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non
equivalen control group. Sampel penelitian ini adalah I A (kelas eksperimen) dan I B (kelas kontrol) dengan 30 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan 1) teknik tes dan 2) angket. Teknik tes yang digunakan adalah posttest, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi pembelajaran tematik setelah diberi perlakuan model pembelajaran kelas 1 scrambledan metode konvensional. Teknik angket digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data dari sekolah terkait dengan nama dan nilai peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah rata-rata keaktifan kelompok eksperimen sebesar 63,07 dan kelas kontrol sebesar 59,07. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 79,33 dan kelas kontrol sebesar 65,33. Hasil pengujian data post-test kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scrambleterhadap keaktifan belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Jenangan Ponorogo Tahun 2019/2020sebesar 90%. Dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika thitung 10,326 > 2,0423 ttabel maka H0 ditolak sehingga Ha diterima, karena thitung > ttabel.2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scrambleterhadap hasil belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Jenangan PonorogoTahun 2019/2020 sebesar 86 %. Dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika thitung 9,100 > 2,0423 ttabel maka H0 ditolak sehingga Ha diterima, karena thitung > ttabel.3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap keaktifan dan hasil belajar tematik tema 5 subtema 1 pembelajaran 5 kelas I A dan I B MI Ma’arif Singosaren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2020 13:08
Last Modified: 07 Nov 2020 13:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item