PENANAMAN SIKAP TOLERANSI DALAM BERELASI SISWA MELALUI BUDAYA 5S DI MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

MARDYANASARI, MARTA (2020) PENANAMAN SIKAP TOLERANSI DALAM BERELASI SISWA MELALUI BUDAYA 5S DI MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316225_Marta Mardyanasari.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mardyanasari, Marta. 2020. Penanaman Sikap Toleransi Dalam Berelasi Siswa Melalui Budaya 5S di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Sikap, Toleransi, Budaya 5S.
Guru merupakan seseorang yang mendidik, membimbing dan membina anak didik, baik secara individual maupun klasikal, di sekolah maupun di luar sekolah untuk mengubah perilaku siswa. Oleh karena itu, perlunya lembaga pendidikan memberikan tindakan salah satunya melalui penerapan budaya sekolah 5S(salam, senyum, sapa, sopan dan santun) di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan budaya 5S di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo; 2) untuk mengetahui dampak penerapan budaya 5S terhadap sikap toleransi dalam berelasi siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo; 3) untuk mengetahui kendala dari penerapan budaya 5S di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, WAKA Kesiswaan, Guru BK, Siswa Berkebutuhan Khusus, dan Siswa Normal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman ada 3 yakni: Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan budaya 5S di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo melalui pembiasaan. Guru tidak hanya memberikan arahan tetapi juga memberikan contoh/tauladan melalui pembiasaan tersebut di dalam kelas maupun di luar kelas. Dampak penerapan budaya 5S terhadap sikap toleransi dalam berelasi siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo memberikan dampak positif. Dampak tersebut dapat dilihat saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas seperti tolong menolong, bersinergi satu sama lain apalagi perlakuan siswa normal kepada siswa berkebutuhan khusus. Serta kendala dari penerapan budaya 5S di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu khususnya pada siswa/siswi berkebutuhan khusus (tuna netra), mereka akan sulit mengenali orang yang berada di sekitarnya. Ini berpengaruh pada penerapan budaya 5S di madrasah tersebut. Selain itu beberapa siswa normal yang tidak menerapkan budaya 5S dan sulit dipahamkan tentang budaya tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AYUNDA RISKA PUSPITA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2020 13:06
Last Modified: 07 Nov 2020 13:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11095

Actions (login required)

View Item View Item