Strategi Pemasaran Agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Cabang Ponorogo dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah

Haq, Dini Nur (2020) Strategi Pemasaran Agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Cabang Ponorogo dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-tesis Dini Nur Haq.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Haq, Dini Nur. Analisis Strategi Pemasaran Agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera Cabang Ponorogo dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata kunci: Startegi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Agen, Loyalitas dan Nasabah.
Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian atau transaksi produk atau jasa terpilih secara konsisten di masa yang akan datang. Loyalitas yang tinggi mecerminkan kepuasan yang tinggi dari nasabah ketika memutuskan untuk mengadopsi suatu produk atau jasa asuransi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis strategi pemasaran yang dilakukan agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera dalam mempertahankan loyalitas nasabah?, bagaimana faktor pendukung dan penghambat agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera dalam mempertahankan loyalitas nasabah dan dampak strategi pemasaran agen asuransi dalam mempertahankan loyalitas nasabah.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran agen Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer berupa wawancara dengan 13 orang informan dan data sekunder berupa artikel-artikel, jurnal, dan media online.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran oleh agen ada beberapa yang sudah sesuai dengan teori strategi bauran pemasaran namun ada beberapa hal yang belum diterapkan oleh agen. Pada produk sudah sesuai, dengan manfaat yang diberikan produk. Price sesuai dengan premi pada produk, place sangat strategi dan mudah dijangkau, Promotion selalu untuk nasabah lama dan calon nasabah, People yang berperan penting adalah seorang agen, Process yang dilakukan sudah sangat jelas, Physical Evidence yaitu ada fasilitas dan sarana yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2020 13:03
Last Modified: 07 Nov 2020 13:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11094

Actions (login required)

View Item View Item