(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI) Pendidikan Akhlak Perspektif Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam Kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak

Rahmawati, Titha (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI) Pendidikan Akhlak Perspektif Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam Kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616043_TITHA RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Titha. 2020. Pendidikan Akhlak Perspektif Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam Kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M. Pd.

Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Pendidikan Karakter, “Waṣāyā al-Abāi Lil Abnāi”
“Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi” merupakan sebuah kitab rujukan penting dalam pembinaan akhlak karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari, berisi bimbingan akhlak yang harus diamalkan dan banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-sehari Penelitian ini terfokus pada nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā al-Abāi Lil Abnāi. Hal ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa Kurangnya nilai akhlak terpuji seorang anak kepada orang tuanya. Karenanya perlu adanya kajian mengenai pendidikan akhlak yang dianggap sebagai upaya penanggulan masalah tersebut.
Penelitian ini merumuskan masalah dan bertujuan mengetahui: (1) Konsep pendidikan akhlak menurut Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi (2) Relevansi konsep pendidikan akhlak menurut Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi dengan pendidikan karakter.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penulis berusaha mengkaji pendidikan akhlak perspektif Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu penulis menganalisis data tekstual menurut isinya. Adapun langkah-langkah dalam analisis isi meliputi (1) merumuskan pertanyaan penelitian dan hipotesisnya, (2) melakukan sampling terhadap sumber-sember yang telah dipilih, (3) pembuatan kategori yang akan dipergunakan, (4) pendataan sampel dokumen dan melakukan pengkodean, (5) pembuatan skala dan item berdasarkan kriteria, (6) interpretasi atau penafsiran data yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi berupa nilai-nilai yang mengarah pada konsep tasawuf akhlak. Suatu konsep yang memadukan antara ilmu tasawuf dan akhlak yang berusaha untuk membina hubungan yang meliputi; akhlak kepada Allah, akhlak kepada Rasulullah, akhlak kepada orang tua, akhlak kepada teman. (2) Relevansi nilai pendidikan akhlak dalam kitab Waṣāyā Al-Abāi Lil Abnāi dengan pendidikan karakter adalah adanya keterkaitan dalam aspek tujuan dan mengandung nilai-nilai karakter religius, disiplin, bertanggung jawab, rasa ingin tahu, cinta damai, bersahabat, jujur, peduli sosial dan cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Nov 2020 13:00
Last Modified: 07 Nov 2020 13:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item View Item