Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa Kelas VII Di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo

Nur Luthfiyah Syuri, Lu'lu (2020) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa Kelas VII Di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESIS 210316235 LU'LU NUR LUTHFIYAH SYURI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Luthfiyah, Lu’lu Nur. 2020. Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Dr. Harjali, M.Pd
Kata Kunci : Peran Guru Aqidah Akhlak, Membangun Kedisiplinan.
Pendidikan akhlak sebagaimana dirumuskan oleh Ibnu Miskawaih merupakan upaya ke arah terwujudnya sikap batin yang mampu mendorong secara spontan lahirnya perbuatan-perbuatan yang bernilai baik dari seseorang. Dalam pendidikan akhlak, kriteria benar dan salah untuk menilai perbuatan yang muncul merujuk kepada Alquran dan sunnah sebagai sumber tertinggi ajaran Islam. Dengan demikian maka pendidikan akhlak bisa dikatakan sebagai pendidikan moral dalam diskursus pendidikan Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui Bagaimana Peran Guru dalam Membangun Kedisiplinan Siwa Kelas VII di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong. (2) Untuk mengetahui Faktor Apa Saja yang Menjadi Pendukung dan Penghambat dalam Membangun Kedisiplinan Siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di MTs muhammadiyah 2 Yanggong. Subjek penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak, informan penelitian sendiri ialah kepala sekolah, guru aqidah akhlak, guru lainnya dan siswa kelas VII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membangun kedisiplinan siswa, guru aqidah akhlak memiliki peran aktif baik diluar maupun didalam kelas, cara guru dalam membangun kedisiplinan siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai positif dengan pembiasaan yang Penanaman Akhlak secara Umum Tersebut sudah terpenuhi semua walaupun belum sempurna prosesnya baik dalam proses KBM di kelas maupun dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 14:22
Last Modified: 16 Nov 2020 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item