Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di Mts Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo

Yunita Djauhari, Annisaa (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di Mts Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PENYERAHAN FILE SKIRPSI PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Djauhari, Annisaa Yunita. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Dr. Harjali, M.Pd

Kata Kunci : Media Pembelajaran berbasis Lectora, Motivasi Belajar.

Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Berkembangnya teknologi yang semakin maju dan bermacam – macam aplikasi yang banyak beredar saat ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternative media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, maka siswa akan termotivasi untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang diambil dari skripsi maupun jurnal penelitian bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis lectora terhadap motivasi belajar siswa maupun terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Al-Mawaddah.dan (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis lectora,
Metode penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan design penelitian Posttest-Only Control Design.. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII sejumlah 30 siswa yang dipilih dengan random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan Tes, kuesioner dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Beda (Independent sampel t- test) untuk mengetahui ada tidaknya suatu pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis lectora. Serta menggunakan analisis data mean dan standart deviasi untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada pelajaran fiqih dikelas VIII MTs Al-Mawaddah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa tinggi. ditunjukkan dari nilai mean kelas eksperimen lebih besar dari kelas control, yaitu 96,0000 > 91,2667 dan standart deviasi kelas eksperimen lebih besar dari kelas control, yaitu 10,9871 > 9,64711. (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis lectora terhadap motivasi belajar siswa sebesar 65%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 14:20
Last Modified: 11 Nov 2020 04:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item