Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Positioning Terhadap Motivasi Masyarakat Kediri Memilih Produk Tabungan Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri

Saputri, Ana Eka (2020) Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Positioning Terhadap Motivasi Masyarakat Kediri Memilih Produk Tabungan Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210816152 _Ana Eka Saputri.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Abstrak

Saputri, Ana Eka, Pengaruh Strategi Diferensiasi dan Positioning Terhadap Motivasi Masyarakat Kediri Memilih Produk Tabungan Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Kata Kunci: Produk, Merek, Dorongan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh strategi diferensiasi dan positioning terhadap motivasi masyarakat memilih produk tabungan faedah di BRI Syariah Kantor Cabang Kediri.
Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel independen (strategi diferensiasi dan positioning) terhadap variabel dependen (motivasi). Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probabiility sampling dengan cara simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Jenis dan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan kepada masyarakat Kediri produk tabungan Faedah BRI Syariah Kantor Cabang Kediri dan wawancara, uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Untuk menganalisis data, menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program aplikasi IBM SPSS v21.
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa, strategi diferensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi Masyarakat pada BRI Syariah Kantot Cabang Kediri, hal ini dibuktikan dengn nilai uji t sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Strategi positioning berpengaruh signifikan terhadap motivasi masyarakat pada BRI Syariah Kantor Cabang Kediri yang dibuktikan dengan nilai sig-t sebesar 0,207 lebih kecil dari 0,05. Secara simultan strategi diferensiasi dan positioning berpengaruh terhadap motivasi masyarakat. Hal ini di buktikan dengan sig-f sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil R^2 adalah sebesar 0,590 atau 59,0 %, hal ini menunjukan variabel motivasi masyarakat yang dijelaskan oleh variabel strategi diferensiasi dan positioning adalah sebesar 59,0 %. Sedangkan sisanya dipengaruhi 40 % oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 14:18
Last Modified: 06 Nov 2020 14:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11080

Actions (login required)

View Item View Item