Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coffee Shop di Kota Madiun

Sari, Fitri Rohmah Rupitaning (2020) Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coffee Shop di Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI ROHMAH R S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Fitri Rohmah Rupitaning. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Dan
Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Coffee Shop Di Kota Madiun. Skripsi.
2020. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, M. M.
Kata Kunci: Suasana Toko (Store Atmosphere), Harga, Keputusan Pembelian.
Suatu toko dituntut untuk mampu membentuk suasana terencana yang
disesuaikan dengan pasar sasarannya, sehingga membuat konsumen merasa nyaman
berada di dalam dan mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian di
tempat tersebut. Hukum permintaan pada hakekatnya merupakan suatu hipotesa yang
berbunyi: “Jika harga sesuatu barang rendah, maka permintaan terhadap barang
tersebut akan tinggi, sebaliknya jika harga sesuatu barang tinggi, maka permintaan
terhadap barang tersebut akan rendah”. Terdapat kekurangan coffee shop seperti area
yang kurang luas, logo yang tidak jelas, belum diberikannya informasi seperti tanda
toilet, area larangan merokok. Selain itu, harga yang diberikan menurut beberapa
pelanggan cukup mahal. Harga yang ditawarkan untuk menikmati satu cup kopi
dianggap di atas standar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh
suasana toko (store atmosphere) terhadap keputusan pembelian produk coffee shop di
kota Madiun. (2) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk coffee shop
di kota Madiun. (3) Pengaruh suasana toko (store atmosphere) dan harga secara
simultan terhadap keputusan pembelian produk coffee shop di kota Madiun. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian lapangan metode kuantitatif dengan jumlah
populasi yang tak terhingga dan jumlah sampel sebanyak 96 orang.
Adapun hasil dari penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan
antara suasana toko (store atmosphere) terhadap keputusan pembelian produk coffee
shop di kota Madiun. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara harga terhadap
keputusan pembelian produk coffee shop di kota Madiun. (3) Terdapat pengaruh
secara simultan antara suasana toko (store atmosphere) dan harga terhadap keputusan
pembelian produk coffee shop di kota Madiun. Selain itu, suasana toko/store
atmosphere (X1) dan harga (X2) berpengaruh secara simultan/bersama-sama terhadap
keputusan pembelian (Y) sebesar 30,6% sedangkan 69,4% dipengaruhi oleh faktor
lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 14:15
Last Modified: 06 Nov 2020 14:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item View Item