Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pengelolaan Wisata Telaga Sarangan Di Kabupaten Magetan

Oktaviyani, Tety Eka (2020) Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pengelolaan Wisata Telaga Sarangan Di Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD ETHESES 210716029_TETY EKA OKTAVIYANI (1) b.pdf

Download (885kB) | Preview

Abstract

Oktaviyani, Tety Eka. 2020. Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pengelolaan Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah. Pembimbing. Muchtim Humaidi, S.H.I., M.IRKH. NIDN. 2027068103.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Jumlah pengunjung Wisata Telaga Sarangan setiap tahun mengalami kenaikan, namun dari segi pemasaran dan promosi masih kurang maksimal, ada beberapa hal yang harus diperbaiki bahkan dibenahi. Dari sini penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan rumusan masalah. Pertama, Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola objek wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan. Kedua, Bagaimana analisis SWOT terhadap strategi pemasaran objek wisata Telaga Sarangan Kabuapeten Magetan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah fieldresearch atau penelitian lapangan, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Unutk menganalisis data dengan menggunakan matrik IFAS, EFAS, SWOT.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pengelola Wisata Telaga Sarangan yaitu menggunakan marketing mix 7P. Untuk segi product, place, people, proses Wisata Telaga Sarangan secara umum sudah melakukan strategi sebagaimana teori, tetapi untuk peningkatan dan perbaikan ada beberapa hal yang perlu di evaluasi dan dibenahi, dari segi price Wisata Telaga Sarangan ada beberapa produk atau wahana yang masih relatif mahal khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Promotion yang dilakukan Wisata Telaga Sarangan juga masih kurang maksimal hal ini ditandai dengan pasifnyapngelola untuk mempromosikan atau kurangnya metode promosi. Dan secara phisycal eviden, masih kurang untuk lingkungan Wisata Telaga Sarangan, masih banyak produk-produk yang harus diperbarui.Strategi yang dapat digunakan Wisata Telaga Sarangan berdasarkan matrik SWOT yaitu dengan memanfaatkan dukungan pemerintah untuk lebih luas memasuki pangsa pasar, memaksimalkan promosi dengan cara online maupun offline, mengutamakan kepuasan konsumen dengan adanya perbaikan fasilitas dan kualitas produk jasa yang ditawarkan agar sesuai dengan harganya, jadi konsumen dapat merasa puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 14:04
Last Modified: 06 Nov 2020 14:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item