(LEMBAR PERSETUJUAN BLm ADA) Pengaruh Tingkat upah dan Teknologi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan

Hasna, Yessi Maulidah (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN BLm ADA) Pengaruh Tingkat upah dan Teknologi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI E-THESIS-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hasna, Yessi Maulidah. Pengaruh Tingkat Upah dan Teknologi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Kata kunci: Tingkat upah, Teknologi, Tenaga kerja.

Industri kerajinan kulit merupakan sektor unggulan di Kabupaten Magetan yang memiliki peran penting khususnya dalam menyediakan kesempatan kerja bagi masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari Disperindag Kabupaten Magetan, tingkat penyerapan tenaga kerja pada industri kerajinan kulit mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya, padahal kenaikan jumlah unit usahanya tidak begitu tinggi. Di lain sisi, tingkat upah minimal yang ditetapkan oleh pemerintah setiap tahunnya juga terus naik dan teknologi yang digunakan oleh para pengrajin kulit semakin modern dan canggih.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah, 1) Apakah tingkat upah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan? 2) Apakah teknologi berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan? 3) Apakah tingkat upah, dan teknologi secara bersama-sama berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan?.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 62 pengrajin kulit di Kabupaten Magetan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan berbantuan software SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Tingkat upah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan nilai thitung 4,926 > ttabel 1,99962 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Teknologi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja dengan nilai thitung 4,365 > ttabel 1,99962 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Tingkat upah dan teknologi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga dengan nilai F 72,496 > 3,16 Ftabel dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh tingkat upah dan teknologi terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan adalah 71,4%, sedangkan 28,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 13:57
Last Modified: 06 Nov 2020 14:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item