Strategi Pemasaran Pasar Tradisional Warujayeng dalam Menghadapi Pasar Modern di Tanjunganom Nganjuk

Rahmania, Nur Lailul (2020) Strategi Pemasaran Pasar Tradisional Warujayeng dalam Menghadapi Pasar Modern di Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e thesis NUR LAILUL R-converted.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Rahmania, Nur Lailul. Strategi Pemasaran Pasar Tradisional Warujayeng dalam Menghadapi Pasar Modern di Tanjunganom Nganjuk. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran.
Perkembangan yang terus meningkat baik di sektor ekonomi maupun teknologi, mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus berinovasi demi mempertahankan posisinya tak terkecuali pelaku bisnis di pasar tradisional. Pedagang harus mampu melakukan strategi pemasaran dengan tepat agar eksistensi pasar tradisional tetap bertahan di tengah berkembangnya toko modern. banyak pasar tradisional mengalami pertumbuhan lambat sebab penerapan strategi pemasaran masih kurang sehingga konsumen lebih memilih berbelanja di pasar modern.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis bauran pemasaran dalam strategi pemasaran yang diterapkan pedagang pasar tradisional menghadapi persaingan pasar modern warujayeng? dan bagaimana dampak strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan pedagang pasar tradisional Warujayeng?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan pedagang pasar tradisional dan dampak dari penerapan strategi bauran pemasaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada petugas pasar, pedagang pasar, serta konsumen pasar tradisional Warujayeng dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) oleh pedagang pasar tradisional Warujayeng sudah sesuai dengan teori strategi bauran pemasaran, namun ada beberapa hal yang belum diterapkan oleh pedagang. Pada strategi produk pedagang sudah menerapkan seperti kualitas, mempertahankan kualitas, ragam namun di sisi pelabelan, kemasan, merek, desain, dan gaya belum diterapkan. Harga memberikan potongan, diskon, tawar menawar, sebagian kecil pedagang sudah menerapkan sistem kredit (khusus pelanggan), dan periode pembayaran sedangkan pada sisi pencantuman daftar harga belum diterapakan. Lokasi strategis dan promosi meliputi membangun hubungan baik, penjualan personal, pemasaran langsung dan pemasaran online dengan memanfaatkan media sosial. Dampak penerapan strategi pemasaran terhadap peningkatan penjualan pedagang pasar tradisional Warujayeng berdampak positif dibuktikan dengan keberadaan pasar tradisional yang masih eksis (bertahan) ditengah banyaknya pasar modern di Warujayeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 13:54
Last Modified: 06 Nov 2020 13:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11066

Actions (login required)

View Item View Item