Pengaruh Bermain Game Online dan Teman Sebaya Terhadap Akhlak Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Angkatan 2017

Nuraminmujaidin, Ahmad (2020) Pengaruh Bermain Game Online dan Teman Sebaya Terhadap Akhlak Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Angkatan 2017. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD NURAMINMUJAIDIN (PERPUSTAKAAN).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nuraminmujaidin, Ahmad. 2020. Pengaruh Bermain Game Online dan Teman Sebaya terhadap Akhlak Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Angkatan 2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.H.M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Bermain Game Online, Teman Sebaya, Akhlak Mahasiswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terkikisnya akhlak terpuji remaja yaitu mahasiswa. Banyak remaja yang mulai tidak mempraktekan perilaku akhlak islami kepada orang tua dalam pergaulannya. Beberapa hal yang mempengaruhi terkikisnya akhlak yaitu bermain game online dan teman sebaya. Kegemaran dalam bermain akan membuat kecenderungan untuk terus bermain (kecanduan) hal ini yang akan mengubah perilaku remaja. Selanjutnya teman sebaya juga akan mempengaruhi akhlak remaja mereka banyak menghabiskan waktu bersama, sehingga terciptanya interaksi, dari interaksi itulah yang akan mempengaruhi akhlak remaja.
Penelitian ini bertujuan adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap akhlak mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2017. (2) Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap akhlak mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2017. (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara bermain game online dan teman sebaya terhadap akhlak mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2017.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif berbentuk Ex post facto. Dengan populasi sejumlah 1046 mahasiswa dengan sampel sebesar 15% yaitu 157 mahasiswa. teknik Non Probability Sampling dengan memilih purposive sampling sebagai cara pengambilannya. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan bantuan program komputer Statistical Product and Services Solution (IBM SPSS 21.0 for windows).
Adapun hasil penelitian ini yaitu, (1) terdapat pengaruh bermain game online terhadap akhlak mahasiswa dengan hasil Fhitung (66,895) > Ftabel (3,91) dengan nilai koefisien determinasi 0,301 artinya bermain game online berpengaruh sebesar 30,1% terhadap akhlak mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkata 2017. (2) terdapat pengaruh teman sebaya terhadap akhlak mahasiswa dengan hasil Fhitung (64,075) > Ftabel (3,91) dengan nilai koefisien determinasi 0,292 artinya teman sebaya berpengaruh sebesar 29,2% terhadap akhlak mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2017. (3) Terdapat pengaruh nilai regresi variabel bermain game online dan teman sebaya terhadap akhlak mahasiswa dengan hasil 0,000 < 0,05 dan Fhitung (85,7) > Ftabel (3,06) dengan Adjusted R Square adalah 0,512, artinya bermain game online dan teman sebaya berpengaruh sebesar 51,2% terhadap akhlak mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo angkatan 2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 12:30
Last Modified: 06 Nov 2020 12:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item