Analisis Promotion Mix dalam Meningkatkan Bisnis Online Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo

Nuraini, Intan (2020) Analisis Promotion Mix dalam Meningkatkan Bisnis Online Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INTAN NURAINI E-THEESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nuraini, Intan. 2020. “Analisis Promotion Mix dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag., M.S.I.
Kata Kunci: Promotion Mix, Bisnis Online, dan Pemasaran Bisnis.
Seiring dengan bertambahnya pengguna media sosial, maka akan semakin banyak pelaku bisnis yang memanfaatkannya sebagai media berjualan online. Salah satu pengguna media sosial sebagai sarana berbisnis adalah mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo. Berbagai macam teknik bisnis yang dapat diterapkan pada bisnis online salah satunya adalah aspek pemasaran yang didalamnya terdapat aspek promosi. Tidak semua aspek promosi efektif diterapkan dalam bisnis, dalam penelitian ini kita akan mencari tahu mengapa aspek tersebut tidak efektif dan aspek mana yang dianggap efektif diterapkan pada bisnis online.
Penelitian ini mengurai bagaimana penerapan promotion mix dalam bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo. Bagaimana promotion mix mampu memberikan pengaruh terhadap pemasaran bisnis mahasiswa. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan analisis promotion mix dalam meningkatkan penjualan bisnis online mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo. Responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dengan ketentuan menerapkan tiga aspek promotion mix dan sebagai penguat data peneliti juga melakukan penggalian data kepada pelanggan para mahasiswa.
Dari hasil penelitian mengenai aspek-aspek yang terdapat dalajm promotion mix, ditemukan bahwa 1) Para mahasiswa tidak menerapkan seluruh media periklanan karena mereka hanya menggunakan media elektronik yang dianggap sesuai dengan target pasar. 2) Mahasiswa sebagai pelaku bisnis sudah berhasil menerapkan aspek ini karena mereka mampu menarik minat beli konsumen melalui penerapan penjualan personal dengan mencari tau minat beli konsumen. 3) Publisitas kurang tepat digunakan sebagai media promosi pada bisnis sekala kecil seperti yang dilakukan mahasiswa karena diperlukan biaya yang mahal dalam menerapkan aspek ini. 4) Promosi penjualan memberikan keuntungan kepada mahasiswa karena memberikan peningkatan penjualan kepada bisnis yang dijalankan oleh para mahasiswa asalkan mau memberikan informasi produk yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 12:29
Last Modified: 06 Nov 2020 12:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11062

Actions (login required)

View Item View Item