Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Dengan Strategi Every One Is A Teacher Here Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 1 Sawoo Tahun 2020/2021

Rokhayati, Bit (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Dengan Strategi Every One Is A Teacher Here Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 1 Sawoo Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316334_BIT ROKHAYATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rokhayati, Bit, 2020. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 Dengan Strategi Every One Is A Teacher Here Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII di SMPN 1 Sawoo Tahun 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Pryla Rochmawati, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8, Strategi Every One Is A Teacher Here, Minat Belajar Siswa

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengajaran guru yang setiap waktu tidak pernah berubah atau dengan kata lain guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memahami materi yang telah disampaikan. Salah satu alternatif media dengan strategi pembelajaran yang dapat diterapkan sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dengan strategi Every One Is A Teacher Here. Diasumsikan bahwa penggunaan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dengan strategi Every One Is A Teacher Here dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Dan Budi Pekerti.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 dengan strategi pembelajaran every one is a teacher here terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Sawoo Tahun Ajaran 2020/2021.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group design. Dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VII, dengan sampel 60 siswa terdiri dari 30 siswa kelas kontrol dan 30 siswa kelas eksperimen. Menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (t-test).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 dengan strategi pembelajaran every one is a teacher here terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Dan Budi Pekerti kelas VII SMPN 1 Sawoo tahun ajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan oleh tabel Anova nilai F sebesar 10,925 dengan signifikan uji 0,002. Nilai Ftabel dengan tingkat signifikan α = 0,05 dan degrees of freedom (db) sebesar 2; 58 adalah 3,16. Jadi Fhitung > Ftabel yaitu 10,925>3,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pryla Rochmahwati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 12:12
Last Modified: 06 Nov 2020 12:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item