Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada Bank BRI syariah KCP Ponorogo

Ilmi, Vira Samrotul (2020) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada Bank BRI syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Vira Samrotul Ilmi_210816068.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ilmi, Vira Samrotul. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas
Produk terhadap Kepuasan Nasabah di BRIS KCP Ponorogo. Skripsi,
Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE., MSI
Kata Kunci : Bank Syariah, Peraturan, Minat
Kepuasan nasabah merupakan penelitian dari nasabah atas
penggunanya barang atau jasa dibandingkan penggunanya. Kepuasan
nasabah menjadi tolak ukur perusahaan bagaimana hal kedepannya atau
bahkan ada beberapa hal yang harus dirubah karena pelanggan tidak puas
atau dirugikan. Jika kualitas pelayanan dan kualitas produk yan diberikan
sangat baik dan unggul atau berkualitas maka nasabah akan puas. Dengan
tercapainya kualitas pelayanan dan kualitas produk perusahaan mampu
memberikan kepuasan pada nasabah, tetapi faktanya nasabah merasa tidak
puas dengan apa yang diberikan oleh pihak BRIS KCP Ponorogo. Hal ini
bisa dilihat dari sikap dan perilaku nasabah yang tidak merekomendasikan
bank tersebut kepada orang lain.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga
didapatkan sampel berjumlah 100 responden. Sedangkan teknik
pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner
dengan teknik sampling insidental. Metode analisis data menggunakan uji
asumsi klasik, uji regresi sederhana, uji regresi linier berganda, uji R, dan uji
hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan
nilai sebesar 0,223, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan nasabah dibuktikan dengan nilai sebesar 0,009. Kualitas pelayanan
serta kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah di BRIS KCP Ponorogo dibuktikan dengan nilai sebesar 0,233.
Sebab menurunya kualitas pelayanan yaitu kurang konsisten, kurang
cepatnya pelayanan, kurang bersih dan kurannya tempat duduk. Solusinya
dengan cara konsisten membuka atau menerima saran-saran dari nasabah.
Sebab menurunya kualitas produk yaitu kurannya produk-produk unggulan
dalam Bris dan ketiadaan pusat informasi. Solusinya dengan memberikan
produk unggulan dibandingkan bank syariah yang lain. Sebab menurunya
kepuasan nasabah tempat yang kurang bersih dan kurang wangi. Solusinya
dengan cara memberikan tempat yang nyaman dan bersih agar nasabah tetap
setia pada Bris Kcp Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 09:51
Last Modified: 06 Nov 2020 09:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11049

Actions (login required)

View Item View Item