Pengaruh Produktivitas Dan Inovasi Terhadap Daya Saing Ojek Pangkalan Di Kabupaten Ponorogo

Ernawati, Ernawati (2020) Pengaruh Produktivitas Dan Inovasi Terhadap Daya Saing Ojek Pangkalan Di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210716100_ERNAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

ERNAWATI, 2020. Pengaruh Produktivitas Dan
Inovasi Terhadap Daya Saing Pada
Ojek Pangkalan Di Kabupaten
Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi
Dan Bisnis Islam, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Anton Sudrajat,
M.A.
Kata Kunci: Ojek pangkalan, produktivitas,
inovasi, daya saing
Daya saing sering didefinisikan sebagai kemampuan atau keunggulan yang dipergunakan untuk bersaing pada pasar tertentu. Daya saing ini diciptakan melalui pengembangan terus menerus di semua lini dalam organisasi, utamanya di sektor produksi. jika daya saing tinggi apa yang menjadi tujuan organisasi akan tercapai, produktivitas berperan sebagai sumber peningkatan daya saing. Daya saing meningkat karena penigakatan produktivitas dan inovasi yang mana akan menciptakan kenggulan untuk bersaing. Penelitian ini dilakukan karena akibat kemunculan ojek daring daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo mengalami penurunan sehingga mendorong ojek pangakalan untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi agar dapat bertahan dalam persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh produktivitas terhadap daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo, (2) Pengaruh inovasi terhadap daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo, (3) Pengaruh produktivitas dan inovasi secara bersama-sama terhadap daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental, dengan jumlah sampel 96 ojek pangakalan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Produktivitas berpengaruh signifikan terhadap daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo, (2) Inovasi berpengaruh signifikan terhadap daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo, (3) Produktivitas dan Inovasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap daya saing ojek pangkalan di Kabupaten Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 09:45
Last Modified: 06 Nov 2020 09:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11045

Actions (login required)

View Item View Item