(KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Studi Komparasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Nahwu Kelas VIII B Dan C Di Mts Ma'arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Fitriana, Rizka (2020) (KEASLIAN TULISAN BLM ADA) Studi Komparasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Nahwu Kelas VIII B Dan C Di Mts Ma'arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKIRPSI RIZKA FITRIANA 210316240.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitriana, Rizka 2019. Studi Komparasi Gaya Mengajar Guru dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Nahwu Kelas VIII B dan C di Mts Ma'arif Balong. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M. A
Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar Siswa
Gaya mengajar guru di kelas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Proses belajar mengajar di kelas tentulah melibatkan interaksi antara guru dan peserta didik, yang ditunjang dan ditunjukkan dengan gaya mengajar guru di kelas ketika pelajaran berlangsung. Berdasarkan observasi yang diperoleh peneliti, gaya mengajar guru di kelas VIII B dan C memiliki perbedaan. Guru Nahwu kelas VIII B termasuk gaya mengajar yang memfokuskan sifat interaksi kepada siswa. Sedangkan guru nahwu di kelas VIII C termasuk dalam gaya mengajar yang lebih memfokuskan pada sifat kognitif siswa.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk Mendeskripsikan perbedaan gaya mengajar guru pada mata pelajaran Nahwu kelas VIII B dan C di Mts Ma'arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar mata pelajaran Nahwu dengan gaya mengajar guru di kelas VIII B dan C di Mts Ma'arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat komparasional. Populasi dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 17 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan C. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan rumus uji "t"
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Gaya mengajar guru kelas VIII B dan C dikategorikan cukup dengan hasil prosentase gaya mengajar guru kelas VIII B 75% dengan 12 responden dan gaya mengajar guru kelas VIII C 62,5% dan 10 responden. Jadi dapat diketahui bahwa gaya mengajar guru kelas VIII B lebih tinggi daripada gaya mengajar guru kelas VIII C. (2) Berdasarkan perhitungan t-test, dapat diketahui hasil belajar siswa kelas VIII B bahwa thitung= 7,217 > ttabel=2,12 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, dan diketahui hasil belajar siswa kelas VIII C bahwa thitung= 4,589 > ttabel= 2,12 berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa kelas VIII B dan C di Mts Ma'arif Balong.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 09:44
Last Modified: 06 Nov 2020 09:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item