Pengaruh Sustainability Report Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2016-2019

Rismayanti, Fadila (2020) Pengaruh Sustainability Report Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2016-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Ethesis Fadila.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rismayanti, Fadila. Pengaruh Sustainability Report Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2016 – 2019
Kata Kunci: Sustainability Report, Harga Saham, Jakarta Islamic Index

Jakarta Islamic Index (JII) adalah indeks saham syariah yang terdiri dari 30 saham syariah yang paling likuid yang tercatat di BEI. Informasi yang dikeluarkan perusahaan akan mempengaruhi transaksi di pasar modal. Berbagai macam informasi perusahaan baik laporan keuangan maupun non keuangan akan digunakan oleh para investor sebagai analisis dalam mengambil keputusan investasi. Reaksi positif atau negatif dari investor dapat dilihat dari perubahan harga saham.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sustainability report terhadap harga saham. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan ekonomi, pengungkapan lingkungan, dan pengungkapan sosial. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) selama periode 2016 – 2019. Sampel penelitian sebanyak 9 perusahaan yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel pengungkapan ekonomi dan pengungkapan lingkungan berpengaruh signifikan terhadap harga saham sedangkan variabel pengungkapan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan variabel pengungkapan ekonomi, pengungkapan lingkungan, dan pengungkapan sosial berpengaruh terhadap harga saham. Variabel pengungkapan ekonomi, pengungkapan lingkungan, dan pengungkapan sosial dapat menjelaskan harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2016 – 2019 sebesar 96,5088%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:05
Last Modified: 06 Nov 2020 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item