(FILE KOSONG) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Model Multilevel Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsultan PT Orindo Alam Ayu (Oriflame) Di Ponorogo

Wafiroh, Ni'matul (2020) (FILE KOSONG) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Model Multilevel Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsultan PT Orindo Alam Ayu (Oriflame) Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wafiroh, Ni’matul. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Model Multilevel Marketing Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsultan PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame) Di Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah. Pembimbing Hanik Fitriani, M.E.Sy
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Promosi, Kepercayaan, Loyalitas.

Kualitas Pelayanan yang diberikan setiap konsultan masih sangat rendah sehingga loyalitas konsumen juga rendah. Apabila bentuk promosi dari para konsultan menarik maka konsumen lebih yakin untuk memutuskan pembelian dan jumlah permintaan meningkat, tetapi pada faktanya pada perusahaan oriflame semakin sering adanya promosi maka loyalitas konsumen nya rendah. Ketika konsumen mempercayai sebuah perusahaan, mereka akan lebih suka melakukan pembelian ulang dan membagi informasi pribadi yang berharga kepada perusahaan tersebut. Faktanya banyak masyarakat yang tidak mempercayai produk bahkan peluang bisnis oriflame. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas konsumen terhadap produk Oriflame khususnya pada masyarakat perempuan yang pernah melakukan pembelian produk Oriflame di Ponorogo. Tujuan penelitian ini untuk menguji signifikansi pengaruh masing-masing variabel, kualitas pelayanan (X1), promosi model multilevel marketing (X2), dan kepercayaan (X3) terhadap loyalitas konsumen (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 96 orang responden pengguna produk Oriflame di Ponorogo dengan menggunakan metode angket skala likert untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R²). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil analisis mendapatkan kedua faktor kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan faktor promosi model multilevel marketing memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi model multilevel marketing, dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam loyalitas konsumen. Angka R square sebesar 0,386 menunjukkan pengaruh X1, X2, dan X3 terhadap Y adalah sebesar 38,6% dan sisanya 61,4% dipengaruhi oleh faktor lain selain X, X2, dan X3 yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:03
Last Modified: 06 Nov 2020 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item View Item