Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo).

Putri, Maghfi (2020) Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maghfi, Putri. Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Online Pada Mahasiswa Iain Ponorogo ( Mahsiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Jual Beli Online, Praktik.
Perkembangan zaman sekarang ini, praktik jual beli sudah tidak hanya dilakukan dalam pasar maupun bertatap muka. Zaman semakin berkembang begitu pula teknologi yang semakin berkembang pula. Banyak masyarakat menggunakan teknologi dalam usaha perdagangannya. Misalnya jual beli online atau biasa disebut onlineshop.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap praktik jual beli online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam? Dan Bagaimana penentuan harga dalam praktik jual beli online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Ponorogo? Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli online pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dan penentuan harga pada jual beli online tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli online pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo telah menerapkan prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan dan kehendak bebas. Namun, dalam prinsip tanggung jawab, keseimbangan dan kebenaran, Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo belum menerapkannya karena pelaku bisnis online masih ada yang menjelaskan spesifikasi barangnya tidak sesuai dengan yang aslinya selain itu pelaku bisnis online juga melakukan pengiriman barang melampaui waktu batas kesepakatan antara keduanya. Dalam penetapan harga pelaku bisnis online juga belum menerapkan etika yang sesuai dengan islam karena pelaku bisnis online belum berlaku transparan kepada pembeli tentang harga barang yang sesuai dengan kualitas barang tersebut selain itu mahalnya harga barang yang dijual karena pelaku bisnis online hanya mementingkan keuntungan semata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: luthfi hadi aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:51
Last Modified: 05 Nov 2020 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item