Analisis Strategi Promosi Pada Produk Pembiayaan Mutiguna Di Bank BRI Syariah KCP Magetan

Tristiana, Vicka Amallila (2020) Analisis Strategi Promosi Pada Produk Pembiayaan Mutiguna Di Bank BRI Syariah KCP Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Vicka Amallila Tritiana-210816116.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tristiana, Vicka Amallila, 2020.“Analisis Strategi Promosi Pada Produk Pembiayaan Multiguna Di Bank BRI Syariah KCP Magetan.”Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi danBisnis Islam,Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata kunci: Periklanan, Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas.

Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir. Dalam kegiatan ini setiap bank berusaha untuk mempromosikan seluruh produk dan jasa yang dimilikinya guna untuk menarik calon nasabah baru. Bank BRI Syariah KCP Magetan merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang memiliki beberapa produk pembiayaan/Landing, salah satu produknya adalah pembiayaan Multiguna. Minat nasabah pembiayaan Multiguna ini cenderung rendah karena kurangnya strategi promosi untuk memasarkan produk Multiguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi pada produk pembiayaan Multiguna di Bank BRI Syariah KCP Magetan Syariah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan pada Bank BRI Syariah KCP Magetan meliputi strategi promosi periklanan, promosi penjualan, promosi penjualan pribadi dan promosi publisitas. Namun dua diantaranya kurang dijalankan yaitu strategi promosi periklanan dan strategi promosi penjualan, pada bagian strategi promosi periklanan dengan cara menyebarkan brosur produk pembiayaan multiguna, akan tetapi dalam penyebaran brosur tersebut kurang menarik nasabah atau calon nasabah untuk melakukan pembiayaan, karena nasabah akan membaca sekilas dan bahkan akan membuang begitu saja. Oleh karena itu solusi dari masalah ini adalah dengan membuat sebuah brosur yang lebih menarik dan unik. Sedangkan dengan strategi promosi penjualan yang kurang optimal karena tenaga yang terbatas. Rendahnya strategi promosi penjualan ini disebabkan petugas kurang optimal untuk menjangkau semua segmennya karena hanya satu orang pegawai yang menanganinya, solusi dari masalah strategi promosi penjualan ini adalah dengan meminta bantuan pegawai bank dengan cara penyebaran promosi melalui media sosial. Melihat situasi dan kondisi nasabahnya, Bank BRI Syariah KCP Magetan hanya menerapkan strategi promosi yang paling unggul yaitu dengan promosi personal selling dan publisitas karena kegiatan promosi tersebut sangat efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Multiguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:44
Last Modified: 04 Nov 2020 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11013

Actions (login required)

View Item View Item