Peran Pembiayaan Murabahah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Mitra Usaha BRI Syariah KCP Nganjuk)

Arofah, Yeni (2020) Peran Pembiayaan Murabahah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Mitra Usaha BRI Syariah KCP Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Mitra Usaha BRI Syariah KCP Nganjuk)- Yeni Arofah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arofah, Yeni. 2020. “Peran Pembiayaan Murabahah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Mitra Usaha BRI Syariah KCP Nganjuk).” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata kunci: Implementasi, Manfaat, Pendapatan

Peran perbankan syariah melalui pembiayaan murabahah yaitu dengan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui modal usaha. Peran pembiayaan murabahah bagi pelaku UMKM adalah untuk meningkatkan omset/pendapatan usahanya. Namun, peran tersebut terkendala oleh faktor pemasaran pelaku UMKM yang pasang surut sehingga pendapatan usaha tidak menentu. Kendala tersebut berimbas pada pendapatan yang tidak stabil dan tingkat pengembalian pembiayaan menjadi rendah karena tidak sepadannya pendapatan dengan biaya angsuran yang harus dibayar setiap bulan.
Penelitian ini bertipe field research (penelitian lapangan) dengan menjadikan data lapangan sebagai acuan utama. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif. Data yang didapat bersumber dari data primer dimana peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi di BRI Syariah KCP Nganjuk.
Hasil dari penelitian ini bahwa kendala dari faktor pemasaran yang pasang surut yang berakibat pada pendapatan usaha yang tidak stabil disebabkan oleh daur hidup produk (product life cycle) dan pendampingan serta monitoring kegiatan usaha UMKM terutama faktor pemasaran yang kurang intensif oleh pihak BRI Syariah KCP Nganjuk. Pihak bank hanya memberikan modal usaha kepada mitra usaha dan hanya memonitor pada saat pembayaran angsuran. Kendala ini sering terjadi pada pelaku UMKM sehingga perlu adanya sosialisasi dari pihak BRI Syariah KCP Nganjuk terkait dengan product life cycle dimana sebuah usaha akan mengalami fase perkenalan (introduction), sampai dengan fase kemunduran (decline) yang menyebabkan naik turunnya penjualan sehingga butuh evaluasi terkait penyebab konsumen mulai jenuh. Setelah itu melakukan perbaikan atau dengan memasarkan produk didaerah lain yang memiliki pangsa pasar yang lebih bagus. Pemberian pembinaan oleh pihak BRI Syariah KCP Nganjuk juga sangat diperlukan untuk menambah kemampuan serta wawasan pelaku UMKM terkait cara berwirausaha yang benar atau dengan memberi informasi tentang cara memasarkan produk usaha pelaku UMKM melalui media sosial sehingga jangkauan pemasaran pelaku UMKM semakin luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:25
Last Modified: 04 Nov 2020 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item