Analisis Pembiayaan Mikro Express Pada PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Rohmah, Nisa' Khoirun Nur (2020) Analisis Pembiayaan Mikro Express Pada PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ANALISIS PEMBIAYAAN MIKRO EXPRESS PADA PT. BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO-NISA' KHOIRUN NUR ROHMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmah, Nisa’ Khoirun Nur. Analisis Pembiayaan Mikro Express pada PT. BPRS
Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.

Kata Kunci: Analisis 5C, Character, Capacity, Pembiayaan Mikro Express.

PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak dibidang perbankan syariah. Pembiayaan Mikro Express merupakan salah satu produk pembiayaan PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo yang dikeluarkan khusus untuk pedagang pasar yang sudah memiliki rekening tabungan Mikro Express sekurang-kurangnya selama 3 bulan. Prinsip analisis pembiayaan menjadi pedoman yang harus diperhatikan pada saat melakukan analisis pembiayaan, yang dikenal dengan 5C, yaitu character, capacity, capital, collateral, dan condition of economy. Analisis pembiayaan Mikro Express tidak menerapkan secara keseluruhan 5C namun hanya menggunakan analisis 4C. Selain itu tidak dilakukan analisis terhadap aspek collateral (jaminan). Dalam pembiayaannya PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo memberikan banyak kemudahan bagi nasabah pasar dengan analisis yang sederhana dan juga memberikan pembiayaan yang memiliki kemudahan dalam proses dan juga syarat pengajuan pembiayaan yang sederhana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penentuan pemberian pembiayaan Mikro Express serta untuk mengetahui alasan PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo tidak menggunakan syarat jaminan dalam pembiayaan Mikro Express. Metode penelitian menggunakan pendekatan dreskriptif kualitatif, dengan alur logika penalaran induktif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme penentuan pemberian pembiayaan Mikro Express menggunakan analisis 4C yaitu character, capacity, capital, dan condition of economy. Namun pada implementasinya lebih mengedepankan aspek character dan capacity, sedangkan aspek capital dan condition of economy sebagai aspek pendukung yang juga dipertimbangkan. Pada aspek collateral tidak diterapkan analisis. Alasan PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo tidak menggunakan syarat jaminan dalam pembiayaan Mikro Express dikarenakan dalam pelayanannya PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo mengedepankan proses yang mudah dan cepat serta persyaratan yang sederhana. Sesuai dengan teori 5C yang dikemukakan Ismail, bahwa teori tersebut tidak pasti bisa diterapkan dalam semua pembiayaan khususnya pembiayaan ringan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:28
Last Modified: 04 Nov 2020 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item