analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan haji di bank bri syariah kantor cabang pembantu ponorogo

Hayuningtyas, Rizka Safitri (2020) analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan haji di bank bri syariah kantor cabang pembantu ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Rizka waatermark.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hayuningtyas, Rizka Safitri. 2020. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi
Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Haji di BRI Syariah KCP Ponorogo (Studi pada BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ponorogo).” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.

Kata kunci: Tabungan haji, faktor budaya, sosial, pribadi, psikologi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih Tabungan Haji di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta menarik bahwa jumlah nasabah Tabungan Haji yang masih sedikit hal ini disebabkan oleh dua penyebab yaitu pertama ditemukan bahwa seharusnya, adanya pengaruh dari lingkungan seperti keluarga dan tetangga yang akan berpengaruh pada pemilihan produk yang akan digunakan oleh nasabah dalam penggunaan tabungan haji. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada penentuan keputusan nasabah dalam pemilihan Tabungan Haji. Kedua, bahwa dengan belum adanya informasi yang didapat dari seorang nasabah mengenai bank yang dipilih untuk Tabungan Haji, tidak mempengaruhi dalam pengambilan keputusan nasabah dalam memilih bank BRI Syariah sebagai sarana dalam menabung haji. Sehingga perlu diadakannya penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan haji di BRI Syariah KCP Ponorogo? (2) Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan haji di BRI Syariah KCP Ponorogo?.
Jenis penelitian yang dilakukan penulis dengan menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampling accidental. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis faktor, lalu menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah tabungan haji dalam memilih lembaga keuangan syariah. Lima faktor yang terbentuk, yaitu; pertama faktor sosial, faktor psikologi, faktor pribadi, faktor budaya, dan faktor motivasi. Serta faktor dominan yang mempengaruhi perilaku nasabah Tabungan Haji dalam memilih lembaga keuangan syariah adalah faktor pertama atau faktor sosial. Faktor Sosial yang meliputi kelompok kecil, situasi ekonomi, gaya hidup, kelas sosial, dan pekerjaan. Karena pada faktor pertama memiliki nilai persentage of varians sebesar 35,804%. Hal tersebut berarti faktor pertama mampu menjelaskan perilaku nasabah tabungan haji di BRI Syariah KCP Ponorogo sebesar 35,804%. Adanya hasil tersebut menimbulkan solusi bahwa pihak bank perlu mengadakan kegiatan sosialisai dan promosi dengan tampilan menarik kepada masyarakat tentang pengenalan produk Tabungan Haji BRI Syariah KCP Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:02
Last Modified: 04 Nov 2020 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11007

Actions (login required)

View Item View Item