Strategi Humas PT KAI Daop 7 Madiun Dalam Mengelola Komunitas Railfans UNtuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Calon Penumpang

Basukenti, Lia Wilujeng (2020) Strategi Humas PT KAI Daop 7 Madiun Dalam Mengelola Komunitas Railfans UNtuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Calon Penumpang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LIA WB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Basukenti, Lia Wilujeng. 2020. Strategi Humas PT KAI Daop 7 Madiun Dalam Mengelola Komunitas Railfans Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Calon Penumpang. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ahmad Faruk, M.Fil.I.
Kata Kunci : Strategi, Perencanaan, Humas, Komunitas Railfans
Strategi humas adalah segala rencana mengenai kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan memberikan pemahaman dan memahami masyarakat. Humas PT KAI Daop 7 memiliki strategi yang disusun berdasarkan situasi dan kondisi yang ada, salah satunya melalui komunitas Railfans. Oleh karena itu, penelitian ini merumuskan masalahnya dan bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan dan pelaksanaan humas PT KAI Daop 7 Madiun dalam mengelola komunitas railfans ? (2) Hubungan humas PT KAI Daop 7 Madiun dengan komunitas railfans?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan, hasil wawancara dan observasi berdasarkan teori yang relevan yaitu mengenai strategi dan perencanaan humas.
Hasil penelitian berdasarkan metode analisis yang telah dilakukan peneliti, menyimpulkan: (1) Perencanaan Humas PT KAI Daop 7 Madiun dalam mengelola komunitas railfans dengan membuat rancangan kegiatan yang bermanfaat untuk komunitas tersebut, sekaligus dapat mencapai tujuan humas yaitu meningkatkan pelayanan kepada calon penumpang kereta api. Sementara pelaksanaan dari perencanaan yang telah ditetapkan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan bersama komunitas railfans, seperti posko angkutan lebaran, natal dan tahun baru, serta sosialisasi diperlintasan maupun di stasiun. Setelah kegiatan dilakukan Humas PT KAI Daop 7 Madiun juga mengadakan evaluasi dengan mengadakan pertemuan dengan komunitas railfans dan membahas kegiatan yang belum sempat terlaksana selama kegiatan berlangsung. Hasil evaluasi dapat menjadi dasar kegiatan berikutnya. (2) Humas PT KAI Daop 7 Madiun railfans memiliki hubungan solidaritas yang baik dengan komunitas railfans karena komunitas railfans sangat faham tentang kereta api mulai dari sejarah, bentuk model, dan jenis-jenis lokomotif kereta api.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Nov 2020 01:58
Last Modified: 04 Nov 2020 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item