Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Tanggungjawab Siswa Kelas XI MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Wahyuni, Desi (2019) Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Tanggungjawab Siswa Kelas XI MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
siap uploud.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyuni, Desyi. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas XI MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Lia Amalia, S. Ag., M. Si.

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Karakter Tanggung Jawab
Karakter tanggung jawab seorang anak pada saat ini dapat dikatakan kurang, sebagai contoh yaitu ketika mereka mendapatkan suatu tugas atau pekerjaan rumah. Masih banyak anak atau siswa yang ketika mendapatkan tugas, hasil dari tugas tersebut yaitu hasil tugas yang dikerjakan oleh teman lainnya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa kelas XI di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. (2) Untuk mengetahui karakter tanggungjawab siswa kelas XI di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap karakter tanggungjawab siswa kelas XI di MA Darul Huda Mayak Tonatan Pomorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya akan diolah dengan teknik analisis statistik kemudian untuk mengungkap data-data yang berkaitan dengan tujuan penelitian di atas menggunakan metode angket. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI, karena jumlahnya 100 siswa maka populasi yang dijadikan sampel penelitian 100 siswa. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas XI MA Darul Huda tahun pelajaran 2019/2020 digunakan metode statistik regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus mean dan standar deviasi diketahui bahwa pola asuh orangtua siswa kelas XI MA Darul Huda termasuk dalam kategori permisif sebanyak 76 anak dengan persentase 76%. Sedangkan karakter tanggungjawab siswa kelas XI dalam kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 71 anak dengan presentase 71%. Pola asuh orangtua memiliki pengaruh terhadap karakter tanggungjawab siswa kelas XI MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020 sebesar 17,9% yang mana 82,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini . Untuk uji hipotesis dengan perhitungan statistik dikemukakan bahwa nilai Fhitung>Ftabel yaitu 21,317 > 3,94 artinya pola asuh orangtua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap karakter tanggungjawab siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:12
Last Modified: 02 Nov 2020 04:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item