TRADISI PEMBACAAN SURAT ALFATIHAH DAN ALFIIL (Kajian Living Quran di Ponpes Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo)

Wahib, Khasin Nur (2020) TRADISI PEMBACAAN SURAT ALFATIHAH DAN ALFIIL (Kajian Living Quran di Ponpes Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHASIN NUR WAHIB SIAP UPLOAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Tradisi, Pembacaan Surah, Ponpes Ittihadul Ummah, Living Quran
Penelitian ini membahas tentang fenomena sosial living Quran, yaitu fenomena Alquran yang hidup dalam masyarakat, dengan kata lain Al-Quran in every day live. Seperti yang terjadi di Ponpes Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo yaitu tradisi pembacaan Surat Alfatihah dan Alfiil yang dilaksanakan oleh seluruh warga Pesantren. Waktu pelaksanaannya yaitu setelah sholat isya’ berjamaah. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana Praktik Tradisi Pembacaan Surat Alfatihah dan Alfiil di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo (2) Apa Makna Tradisi Pembacaan Surat Alfatihah dan Alfiil di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan ialah Kualitatif Deskriptif. Adapun tehnik pengumpulan data penelitian adalah dengan menggunakan metode (1) Obsevasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Kemudian, dalam proses menganalisis data, Peneliti menggunakan Teori Pecinta Alquran yang dikemukakan oleh Farid Esack dalam bukunya yang berjudul The Quran: a Short Indroduction.
Hasil penelitian skripsi ini menunjukan bahwa (1) Tradisi Pembacaan Surah Alfatihah dan Alfiil di Ponpes Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo dilaksanakan malam hari setelah melakukan sholat isya’ berjamaah. Penerapannya diawali dengan membaca istighfar, doa berlindung dari api neraka, doa keselamatan, tasbih, hamdalah, takbir, haukalah, tahmid, sholawat, asmaul husna, kalimat thoyyibah (hasbunallh wa ni’mal wakil), Surah Alfatihah, Surah Alfiil, dan yang terakhir adalah membaca doa sebagai penutupnya. (2) Kemudian Makna yang bisa kita ambil dari tradisi pembacaan surat Alfatihah dan Alfiil menurut pengasuh, ustadz dan para santri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono Ponorogo adalah bisa digunakan sebagai doa, sebagai tameng untuk menolak balak, untuk menambah keberkahan, sarana untuk menambah ganjaran, dan yang terakhir adalah digunakan sebagai wirid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Oct 2020 23:58
Last Modified: 31 Oct 2020 23:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10992

Actions (login required)

View Item View Item