TRADISI KHOTMUL QURAN (Studi Living Quran Pemaknaan Khotmul Quran di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo

Huda, Miftahul (2020) TRADISI KHOTMUL QURAN (Studi Living Quran Pemaknaan Khotmul Quran di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Miftahul Huda.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Huda, Miftahul. 2020. Tradisi Khotmul Quran (Studi Living Quran Pemaknaan Khotmul Quran di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Moh. Alwi Amru Ghozaly, S. TH.I., M. S. I.

Kata Kunci: Tradisi, Khotmul Quran, Ponpes Ittihadul Ummah, Living Quran
Penelitian skripsi ini membahas tentang fenomena sosial living Quran, yaitu Tradisi khotmul Quran yang dilaksanakan di Ponpes Ittihadul Ummah Banyudono. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh kalangan santri yang dilaksanakan setiap malam Ahad Legi.
Fokus pembahasan dari penelitian ini adalah terkait bagaimana praktik dan bagaimana partisipan memaknai tradisi khotmul Quran di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono berdasarkan metode Navid Kermani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dalam proses pengumpulan data peneliti mengunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengenai analisa yang digunakan dalam skripsi ini penulis mengunakan metode Farid Esack yaitu teori pecinta Alquran serta metode Navid Kermani, yang inti dari teorinya adalah pemetaan mengenai interaksi manusia dengan Alquran. Pemetaan ini tidak berpretensi untuk menilai bahwa cara interaksi suatu kelompok tertentu itu lebih baik daripada kelompok yang lain. Pemetaan ini hanyalah sebuah deskripsi umum saja.
Hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu menunjukan bahwa Tradisi Khotmul Quran di Ponpes Ittihadul Ummah Banyudono itu dilaksanakan di malam Ahad Legi setelah melakukan Sholat Isya’ berjamaah. Adapun penerapannya adalah diawali dengan membaca tawasul dan kirim doa leluhur, proses khotmul Quran peserta dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu dewasa dan anak-anak. Kelompok dewasa membaca dari juz 1 sampai 30 secara berurutan. Sedangkan kelompok anak membaca dengan dibagi sesuai dengan jumlah peserta. Kegiatan khotmul Quran ditutup pagi hari dengan sholat dhuha berjamaah. Makna yang bisa diambil dari tradisi Khotmul Quran menurut pengasuh, ustadz dan para santri Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Banyudono adalah bisa digunakan sebagai wirid, sebagai syiar agama, untuk menambah keberkahan, sarana untuk menambah ganjaran, dan yang terakhir adalah digunakan sebagai melatih diri untuk cinta Alquran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Alwy Amru Ghozali
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Oct 2020 23:56
Last Modified: 31 Oct 2020 23:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item View Item