Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Jakarta Islamic index (JII)

Oktawati, Nurul Rizki (2020) Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Jakarta Islamic index (JII). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716107 NURUL RIZKI OKTAWATI (E-THESIS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Oktawati, Nurul Rizki. Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Indeks Harga Saham Jakarta Islamic index (JII)
Kata Kunci: Jakarta Islamic Index, Inflasi, BI 7-Day repo rate, Kurs, Jumlah Uang Beredar, saham syariah

Jakarta Islamic Index atau biasa disebut JII salah satu indeks saham yang ada di Indonesia yang digunakan untuk menghitung indeks harga rata-rata saham untuk jenis saham yang memenuhi kriteria syariah dan menjadi tolok ukur kinerja (benchmark) dalam memilih portofolio saham yang halal. Jakarta Islamic Indeks (JII) terdiri dari 30 saham syariah terlikuid berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Faktor eksternal dalam ekonomi makro merupakan faktor yang paling banyak mendapatkan perhatian dari para pelaku pasar modal, seperti Inflasi, BI 7-Day repo rate, perubahan nilai Kurs IDR/USD, Jumlah Uang Beredar (M2).
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Inflasi, BI 7-Day repo rate, perubahan nilai Kurs IDR/USD, Jumlah Uang Beredar (M2) terhadap Jakarta Islamic Index (JII) Di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan periode pengamatan selama Januari 2015 – Desember 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang bersifat kuantitatif yang terdiri dari data bulanan variabel JII dan variabel Inflasi, BI 7-Day repo rate, perubahan nilai Kurs IDR/USD, Jumlah Uang Beredar (M2). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah melewati tahap uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan uji koefisien determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 21 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Jakarta Islamic Index (JII). BI 7-day repo rate dan kurs (IDR/USD) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Index (JII). Jumlah uang beredar (M2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Jakarta Islamic Index (JII). Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square = 67,5%, hal ini berarti kemampuan variabel-variabel independen yang terdiri dari variabel Inflasi, BI 7-Day Repo Rate, Kurs, dan Jumlah Uang Beredar dalam menjelaskan variabe dependen yaitu indeks harga saham di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019 sebesar 67,5% sisanya 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Oct 2020 22:12
Last Modified: 29 Oct 2020 22:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10983

Actions (login required)

View Item View Item