Pengaruh fasilitas, harga dan pelayanan karyawan terhadap kepuasan pengunjung di kolam renang tirto joyo

Musdalifah, Ana (2020) Pengaruh fasilitas, harga dan pelayanan karyawan terhadap kepuasan pengunjung di kolam renang tirto joyo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI A5 ANA MUSDALIFAH upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Musdalifah,ana. Pengaruh Fasilitas, Harga
dan Pelayanan Karyawan
Terhadap Kepuasan
Pengunjung di Kolam Renang
Tirto Joyo.
Kata kunci : fasilitas, harga, pelayanan
karyawan, kepuasan pengunjung
Kolam renang merupakan tempat yang sering dikunjungi bagi pecinta olahraga renang. Dengan banyaknya usaha yang bergerak dibidang jasa kolam renang maka menjadi keresahan tersendiri bagi pemilik kolam renang untuk mempertahankan usaha tersebut. Salah satu cara dengan meningkatkan fasilitas yang dimiliki dengan memberikan kenyamanan terhadap pengunjung, memberikan harga yang sesuai dengan kemampuan pengunjung, serta pelayanan yang baik terhadap setiap pengunjung yang datang. Namun tidak semua faktor tersebut diterapkan dengan baik oleh pemilik kolam renang, hal tersebut diketahui melalui komplain dari pengunjung yang datang. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan pengunjung untuk datang kembali ke kolam renang. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel fasilitas, harga dan pelayanan karyawan terhadap kepuasan pengunjung di kolam renang Tirto Joyo.
Metode yang digunakan dalam penelitian kni adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang diperoleh dari pengunjung kolam renang Tirto Joyo. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan berbantuan SPSS 21. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, variabel pelayanan karyawan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengunjung ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, Variabel fasilitas, harga dan pelayanan karyawan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung ditunjukkan dengan hasil F hitung > F tabel sebesar 10,976>2,70. Hasil koefisien determinasi menunjukkan hasil variabel independen yaitu fasilitas, harga dan pelayanan karyawan, mampu menjelaskan variabel dependen yaitu kepuasan pengunjung sebesar 26,4% sedangkan 73,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Oct 2020 11:25
Last Modified: 28 Oct 2020 11:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item View Item