Peran Penyuluh Napza Dalam Mencegah Penggunaan Narkoba Pada Remaja (Studi Kasus Kantor Urusan Agama Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo)

Sumaya, Richa (2020) Peran Penyuluh Napza Dalam Mencegah Penggunaan Narkoba Pada Remaja (Studi Kasus Kantor Urusan Agama Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogp.

[img] Text
SKRIPSI RICHA AGUSTIA SUMAYA UPLOAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sumaya, Agustia Richa. 2020. Peran Penyuluh Napza Dalam Mencegah Penggunaan Narkoba Pada Remaja (Studi Kasus Kantor Urusan Agama Kecamatan Jenangan. Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Lia Amalia, M.Si.

Kata Kunci: Penyuluh Napza, Remaja, Narkoba
Masalah penyalahgunaan narkoba di Indonesia, sekarang ini sudah sangat memprihatinkan. Kasus narkoba terjadi juga di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Kasus penggunaan narkoba yang ada di Jenangan pada tahun 2020 semakin menurun. Menurut AKP Yudi selaku kepolisian yang berada di Kecamatan Jenangan, pengguna narkoba pada tahun 2019 sebanyak lima orang sedangkan pada tahun 2020 turun menjadi dua kasus penggunaan narkoba dan masing-masing penggunanya berumur sekitar 20-23 tahun
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Bagaimana proses penyuluh NAPZA dalam menurunkan kasus narkoba di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo (2) Bagaimana upaya penyuluh NAPZA dalam menurunkan kasus narkoba di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo (3) Bagaimana hasil penyuluh NAPZA dalam menurunkan pengguna narkoba di Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) proses yang digunakan oleh Penyuluh Napza yaitu sosialisai dan pendektan dengan ibadah. (2) upaya yang dilakukan yakni dengan menggunakan metode yaitu metode individu dan kelompok. (3) hasil yang diperoleh. Peran seorang penyuluh NAPZA di Kecamatan Jenangan sangat penting sehingga mampu mengurangi penggunaan narkoba di Kecamatan Jenangan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:34
Last Modified: 27 Oct 2020 04:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item