Motivasi Orangtua Memilih Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat (Studi Naratif Pada Orangtua Murid Di Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat Unit 1418 Desa Plunturan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)

Wijayanti, Rega Trendi (2020) Motivasi Orangtua Memilih Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat (Studi Naratif Pada Orangtua Murid Di Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat Unit 1418 Desa Plunturan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
rega wijayanti upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wijayanti, Rega Trendi. 2020. Motivasi Orangtua Memilih Lembaga Bimbingan
Belajar Anak Hebat (Studi Naratif pada Orangtua Murid di Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat Unit 1418 Desa Plunturan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Fadhilah Rahmawati, S.S., M.Si

Kata Kunci : Motivasi orangtua, Anak Hebat
Di era ini orangtua sangat ingin memilih tempat belajar anak yang terbaik untuk anaknya. Antusiasme orangtua yang sangat besar terhadap memilih lembaga bimbingan belajar untuk anaknya tentunya ada suatu motivasi tertentu. Saat ini orangtua juga sedang berlomba – lomba untuk memilih lembaga bimbingan belajar yang terbaik untuk anaknya ditengah ramainya bimbingan belajar yang ada diwilayah kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Lembaga bimbingan belajar yang sekarang cukup terkenal di kecamatan Pulung adalah Anak Hebat. Siswa yang belajar di bimbel ini adalah anak usia prasekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menggali dan mengetahui latarbelakang orangtua mendaftarkan anak usia prasekolah ke bimbingan belajar Anak Hebat, mengetahui harapan orangtua mendaftarkan anak usia prasekolah ke bimbingan belajar Anak Hebat, dan mengetahui hasil perkembangan anak setelah belajar di bimbingan belajar Anak Hebat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif naratif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang orang tua mendaftarkan anak ke bimbingan belajar anak hebat karena adanya motivasi kebutuhan berprestasi (achievement), kebutuhan penonjolan diri (exhibition), kebutuhan membuat orang lain iba (succorance), kebutuhan keteraturan (order), dan kebutuhan mengimbangi (counteraction). Harapan orangtua mendaftarkan anak ke bimbingan belajar Anak Hebat karean adanya motivasi intrinsik supaya anak rajin belajar membaca, supaya anak lancar membaca tanpa mengeja, dan supaya anak mampu bersosialisasi dengan teman sebaya. Hasil perkembangan anak setelah belajar di bimbingan belajar Anak Hebat tugas perkembangan moral yaitu anak tidak menggunakan aplikasi mainan di gadget berdurasi lama saat dirumah, perkembangan kognitif yaitu anak gemar baca buku modul les dan buku cerita anak dan sudah lancar membaca tanpa mengeja, yang terakhir adalah perkembangan sosial yaitu anak sudah mampu berinteraksi dengan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fadhilah Rahmawati
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:05
Last Modified: 26 Oct 2020 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10952

Actions (login required)

View Item View Item