(FILE KOSONG, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam terhadap Kerjasama pada Pengelolaan Jamur Tiram di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Ayu, Yunta sekar (2020) (FILE KOSONG, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Tinjauan Hukum Islam terhadap Kerjasama pada Pengelolaan Jamur Tiram di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Syariah/Muamalah.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekar yunita ayu,Nim 210214344,2020."Tinjauan Hukum Islam terhadap Kerjasama pada Pengelolaan Jamur Tiram di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo". Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariad IAIN Ponorogo.pembimbing Dr. Agus Purnomo, M. Ag.
Bekerja dan berusaha merupakan tujuan agar mencapai kesejahteraan,jika dalam islam Allah memerintahkan para hambanya agar berusaha untuk mencapai kebahagiaan didunia dan akhirat kelak. Bekerja dan kerjasama merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan,sebab dengan adanya itu semua manusia dapat mencapai hajat hidupnya dan menjadi manusia yang produktif.
Berawal dari masalah diatas,peneliti menfokuskan penelitian dengan rumusan masalah:1). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap akad kerjasama pada pengelolaan jamur tiram di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap bagi hasil pada kerjasama pengelolaan jamur tiram di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Musyarakah adalah bentuk kerjasama yang dilakukan dua orang atau lebih dimana semua pihak memberikan modslnya dan keuntungan maupun kerugian ditanggung bersama . Dalam kerjasama yang dilakukan di Desa Jetis pemilik memberi kesempatan pengelola untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari pemilik. Selain itu apabila terjadi gagal panen pemilik harus menambahkan modalnya untuk pengelolaan kembali. Karena dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penwlitian tentang kerjasama pengelolaan Jamur tiram di Desa Jetis.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan(field resech) dengan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulaln data dilakukan dengan wawancara,observasidan dokumentasi. Analisis data deduktif (dari umum ke khusus). Dengan menggunakan teori musyarakah.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan 1). Tinjauan hukum islam terhadap akad kerjasama pengelolaan jamur tiram di Desa Jetis Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo nenggunakan akad musyarakah karena pemilik dan pengelola memberikan modalnya berupa uang dan termasuk kategori syitkah 'inan karena keuntungan di bagi sesuai dengan kesepakatan maupun modak yang ditanam. 2). Tinjauan hukum Islam tentang bagi hasil antara pemilik dan pengelola sudah sesuai dengan prinsip muamalah. Perjanjian ini tetap diperbolehkan karena pada saat perjanjian pemilik tidak menolak dan sudah mendapatkan persetujuan antara kedua belah pihak atau adanya keridhoan antara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:14
Last Modified: 22 Oct 2020 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10932

Actions (login required)

View Item View Item