pengaruh kualitas produk, harga dan label halal terhadap minat pembelian masyarakat dusun 1 desa ngabar pada produk air demineral

Irsyad, M. Fadli (2020) pengaruh kualitas produk, harga dan label halal terhadap minat pembelian masyarakat dusun 1 desa ngabar pada produk air demineral. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. FADLI IRSYAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
IRSYAD, M. FADLI. 2020, Pengaruh kualitas produk, Harga Dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Dusun 1 Desa Ngabar Pada Produk Air Demineral. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah, M.S.I.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Label Halal, Dan Minat Beli.
Kualitas produk yang baik adalah yang telah telah teruji kualitasmya serta memiliki label halal. Selain kualitas produk, harga juga faktor utama yang mempengaruhi minat pembelian konsumen. Produk Air Demineral Ngabar merupakan salah satu produk air minum dalam kemasan yang telah teruji kualitas produknya dengan harga yang lebih murah dibanding produk air mineral yang lain, serta telah memiliki label halal. Berdasarkan observasi dengan ustadz Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo minat Masyarakat dusun 1 Desa Ngabar akan membeli produk Air Demineral Ngabar sangat kurang, mereka lebih cenderung mengkonsumsi produk lain yang harganya lebih mahal.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap minat pembelian Masyarakat Dusun 1 Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo pada produk Air Demineral Ngabar. 2) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap minat pembelian Masyarakat Dusun 1 Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo pada produk Air Demineral Ngabar. 3) Untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap minat pembelian Masyarakat Dusun 1 Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo pada produk Air Demineral Ngabar. 4) Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan label halal secata simultan terhadap minat pembelian Masyarakat Dusun 1 Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo pada produk Air Demineral Ngabar.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan jenis dan sumber data primer dan sekunder, dengan jumlah populasi 405 dan jumlah sampel 80 responden, penelitian dengan menggunakan simple random sampling. Serta menggunakan analisis regresi linier berganda, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara.
Adapun hasilnya adalah : 1). terdapat pengaruh secara parsial antara variabel Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian produk Air Demineral Ngabar dengan nilai t hitung adalah 3,457 (sig. 0,001) lebih besar dari t tabel 1,990. 2) terdapat pengaruh secara parsial antara variabel Harga terhadap Minat Pembelian produk Air Demineral Ngabar dengan nilai t hitung adalah 2,022 (sig. 0,047) lebih besar dari t tabel 1,990. 3) terdapat pengaruh secara parsial antara variabel Label Halal terhadap Minat Pembelian produk Air Demineral Ngabar dengan nilai t hitung adalah 2,153 (sig. 0,034) lebih besar dari t tabel 1,990. 4) terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas produk, Harga Dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Dusun 1 Desa Ngabar Pada Produk Air Demineral. Dengan nilai kontribusi sebesar 74,1% dan sisanya 25,9% merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan regresi berganda yang diajukan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:11
Last Modified: 20 Oct 2020 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item