Tinjauan Maslahah Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan

Akhyar, Moh Syaiful (2020) Tinjauan Maslahah Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi. Moh Syaiful Akhyar 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Moh Syaiful Akhyar, 2020. Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kata kunci: mas}lah}ah, Hukum Islam,PP NO 69 Tahun 1999.
Dalam kehidupan sehari-hari umat Islam khususnya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Melihat bentuk perhatian pemerintah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan dalam pasal 10 ayat (1) menerangkan tentang kewajiban bagi para produsen untuk memberikan keterangan label halal dan label kode produksi pada kemasan makanan mereka, namun dalam pasal tersebut belum di jelaskan dampak yang akan di peroleh baik bagi produsen ataupun konsumen, khususnya bagi para konsumen yang beragama iIslam.
Berangkat dari latar belakang permasalahan di atas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana tinjauan masalahah terhadap kewajiban pencantuman label halal pada kemasan makanan dalam Peraturan Pemerintah No 69 Tahun 1999? (2)Bagaimana tinjauan maslahah terhadap kewajiban pencantuman kode produksi pada kemasan makanan dalam Peraturan Pemerintah No 69 Tahun 1999?
Jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian studi pustaka (Librarryresearch) serta menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dan informasi dengan bantuan yang terdapat di ruang perpustakaan. Misalnya, berupa buku, majalah, naskah-naskah, catatan, dokumen-dokumen, dan lainya. Setelah data diperoleh kemudian diolah, selanjutnya dianalisis dengan mengggunakan metode inudktif.
Melalui penelitian ini penulis dapat menyiimpulkan bahwa: pertama Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan pangan mewajiban pencantuman label halal pada kemasan makanan merupakan peraturan yang bermaslahat. Dimana peraturan pemerintah tersebut masuk dalam kategori mas}lah}ah ‘a>mmah karena pemerintah tidak sekedar mementingkan satu pihak yang dilindungi atau diatur melainkan semua pelaku usaha makanan kemasan serta masyarakat selaku konsumen akan mempunyai rasa aman dalam menjalani kegiatan ekonomi. Kedua jika dilihat dari penetapan peraturan oleh pemerintah, maka peraturan kewajiban dalam Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label Dan Iklan Pangan yang menyangkut tentang kewajiban pencantuman kode produksi pada kemasan Pangan termasuk dalam kategori konsep mas}lah}ah tah}si>niyah adalah mas}lah}ah yang tidak berkaitan langsung dalam merealisasi lima kebutuhan pokok manusia, tidak pula dalam upaya ih}tiya>t}, akan tetapi untuk menjaga kehormatan dan melindungi kesempurnaan kelima kebutuhan pokok manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:13
Last Modified: 19 Oct 2020 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10911

Actions (login required)

View Item View Item