Citizen Journalism dalam Fanpage PO942 Radio Gema Surya FM Ponorogo (Telaah Berdasarkan Teori Komunikasi Politik Komunikasi).

Fandira, Riska Yenhy (2020) Citizen Journalism dalam Fanpage PO942 Radio Gema Surya FM Ponorogo (Telaah Berdasarkan Teori Komunikasi Politik Komunikasi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RISKA YENHY FANDIRA 211016051 KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fandira, Riska Yenhy. 2020. “Citizen Journalism dalam Fanpage PO942 Radio Gema Surya FM Ponorogo (Telaah Berdasarkan Teori Komunikasi Politik Komunikasi)”. Skripsi. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Faruk, M. Fil. I.
Kata Kunci: Citizen Journalism, Ekonomi Politik Komunikasi, Radio
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang fenomena citizen journalism pada Radio Gema Surya FM Ponorogo melalui fanpage citizen journalism PO942; suatu aktivitas jurnalistik antara khalayak pendengar dengan tim redaksi fanpage citizen journalism PO942. Masyarakat bukan lagi menjadi sekedar objek pemberitaan, tapi juga menjadi subjek pemberitaan. Fakta tersebut kiranya menarik jika disorot dan dianalisa dengan teori ekonomi politik komunikasi Vincent Mosco, yaitu kajian tentang hubungan sosial, terutama kekuatan dari hubungan tersebut yang secara timbal balik meliputi proses produksi, distribusi, dan konsumsi yang telah dihasilkan. Karena itu, Penulis merumuskan masalah penelitian ini dan bertujuan hendak mengetahui: (1) komodifikasi pada fanpage citizen journalism PO942, (2) spasialisasi pada fanpage citizen journalism PO942, dan (3) strukturasi pada fanpage citizen journalism PO942 di Radio Gema Surya FM Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif; datanya dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang setelah diolah kemudian dianalisa berdasarkan kisi-kisi teori ekonomi politik komunikasi ala Vincent Mosco.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) komodifikasi pada fanpage citizen journalism PO942 terlihat di hampir semua unggahannya, sebagaimana aspek-aspek berikut: [a] komodifikasi isi dengan memfokuskan konten pada informasi yang disukai dan dibutuhkan masyarakat; [b] komodifikasi khalayak dengan mendayagunakan dan melibatkan pembaca dalam memproduksi pesan dalam bentuk kiriman berita maupun komentar yang kemudian dijual kepada pemasang iklan; dan [c] komodifikasi pekerja dengan melibatkan karyawan perusahaan, baik itu yang berada di newsroom maupun di lapangan (jurnalis profesional) dalam pemberitaan fanpage citizen journalism PO942. (2) Spasialisasi fanpage citizen journalism PO942 telah dilakukan dengan cukup baik, dengan melakukan update informasi setiap harinya dan melakukan penggabungan media dalam hal pemberitaan, sehingga khalayak tidak mengalami hambatan untuk mendapatkan informasi. (3) Strukturasi pada fanpage citizen journalism PO942 terlihat dari perlakuan terhadap khalayak yang dianggap sebagai bagian dari media dengan tidak membeda-bedakan kelas dan ras. Radio Gema Surya FM Ponorogo juga membangun relasi dengan pihak swasta maupun pemerintah, karena hal itu akan berpengaruh terhadap keberlangsungan media ke depannya. Dengan keterlibatan citizen, maka fanpage citizen journalism PO942 bisa dijadikan sebagai kekuatan ekonomi politik komunikasi oleh Radio Gema Surya FM Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Faruk
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2020 05:20
Last Modified: 19 Oct 2020 05:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item