(DAFTAR PUSTAKA BLM ADA) peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatkan mutu profesionalisme guru (studi kasus di smk sunan kalijaga mamgunan sampung ponorogo

NUR ANISAH, SARI (2020) (DAFTAR PUSTAKA BLM ADA) peran manajerial kepala sekolah dalam peningkatkan mutu profesionalisme guru (studi kasus di smk sunan kalijaga mamgunan sampung ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi sari nur anisah MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANISAH, SARI NUR.2020. Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Profesionalisme Guru (Studi Kasus di SMK Sunan Kalijaga Mangunan Ponorogo).Skripsi.Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.H.Muhammad Thoyib, M.Pd.,

Kata Kunci: Manajerial, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.

Kepala sekolah merupakan seorang pemimpin, penggerak, motivator, planner, evaluator, dan berbagai sebutan lainnya yang mempunyai arti mendalam sebagai seorang manajer.Dengan
kata pemimpin inilah, seluruh lini sekolah berada dibawah tanggung jawabnya.Kepala sekolah juga memegang tanggung jawab atas pengelolaan seluruh elemen dalam lembaganya. Elemen-elemen lembaga ini meliputi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan seluruh pesertadidik yang akan menaati dan menuruti kepala sekolah. Kepala sekolah sendiri memiliki beberapa fungsi. Namun fungsi utama kepala sekolah ialah manajerial. Fungsi manajerial kepala sekolah meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi atau lebih terkenal dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).Fungsi manajerial ini juga mendukung semua elemen dalam lembaga, salah satunya bagi tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan pihak yang langsung
menjalankan proses pendidikan, sehingga peran Manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan
profesionalisme tenaga pendidik sangat diperlukan dalam sebuah lembaga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana kepala sekolah menyusun
program peningkatan mutu profesionalisme guru di SMK Sunan Kalijaga Mangunan Sampung Ponorogo, 2) bagaimana kepala sekolah melaksanakan program peningkatan mutu profesionalisme guru di SMK Sunan Kalijaga Mangunan Sampung Ponorogo, 3) bagaimana kepala sekolah mengevaluasi program peningkatan mutu profesionalisme guru di SMK Sunan Kalijaga Mangunan Sampung Ponorogo.

Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, di mana data diperoleh dari orang dan perilaku yang yang dapat diamati melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Apabila dilihat dari segi tempat penelitian, maka penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang berusaha meneliti atau melakukan studi observasi.

Dari hasil penelitian di SMK Sunan Kalijaga Sampung Ponorogo, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kepala sekolah menyusun perencanaan yang starategis dimana program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Penyusunan dilakukan bersama dengan tim yang terdiri dari 6 komponen yaitu kepala sekolah, guru, Ka. TU, komite, perwakilan walimurid dan narasumber pendidikan. (2) Pelaksanaan program berjalan dengan baik meskipun terdapat kendala dan factor yang mengikat para peserta program, sehingga program dapat berjalan sesuai dengan perencanaannya dengan presentase 60-85%. (3) Kepala sekolah senantiasa mengontrol seluruh rangkaian program dan mengevaluasi berbagai program seperti program jangka panjang ditinjau ulang setiap rapat dan direvisi sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2020 00:25
Last Modified: 20 Oct 2020 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10904

Actions (login required)

View Item View Item