Pengaruh Reputasi, Biaya Pendidikan, dan Lokasi Terhadap Preferensi Mahasiswa Angkatan 2019 Memilih IAIN Ponorogo

Purwati, Luluk Indra (2020) Pengaruh Reputasi, Biaya Pendidikan, dan Lokasi Terhadap Preferensi Mahasiswa Angkatan 2019 Memilih IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LULUK INDRA ETHESE.pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Purwati, Luluk Indra. 2020. Pengaruh Reputasi, Biaya Pendidikan, dan Lokasi Terhadap Preferensi Mahasiswa Angkatan 2019 Memilih IAIN Ponorogo. Skripsi.
Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat, M. A.

Kata Kunci: Reputasi, Biaya, Lokasi, Preferensi.
Preferensi merupakan proses marketing seluruh hal yang dapat dikonsumsi dengan tujuan memperoleh preferensi atas suatu produk maupun jasa. Preferensi konsumen merupakan suatu sikap konsumen terhadap suatu merek produk maupun jasa yang terbentuk melalui evaluasi atas berbagai macam merek dalam berbagai pilihan yang tersedia. Reputasi berperan sebagai pengerak utama dalam meningkatkan preferensi mahasiswa. Preferensi mahasiswa muncul dari dorongan adanya biaya pendidikan yang sesuai kemampuan, dan lokasi yang mudah di jangkau yang menciptakan gairahan dan semangat untuk menempuh pendidikan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis preferensi mahasiswa di IAIN Ponorogo dalam memilih institusi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh reputasi terhadap preferensi mahasiswa angkatan 2019 memilih IAIN Ponorogo, (2) pengaruh biaya pendidikan terhadap preferensi mahasiswa angkatan 2019 memilih IAIN Ponorogo, (3) Pengaruh lokasi terhadap preferensi mahasiswa angkatan 2019 memilih IAIN Ponorogo, (4) Pengaruh reputasi, biaya pendidikan, dan lokasi secara bersama-sama terhadap preferensi mahasiswa angkatan 2019 memilih IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Probability Sampling, jumlah sampel sebanyak 2.885 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: reputasi berpengaruh signifikan terhadap preferensi mahasiswa. Biaya Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap preferensi mahasiswa. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap preferensi mahasiswa. Reputasi, biaya pendidikan, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap preferensi mahasiswa angkatan 2019 memilih IAIN Ponorogo besarnya pengaruh sebesar 72,7%. Sedangkan untuk sisanya 27,3% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ANTON SUDRAJAT
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2020 00:10
Last Modified: 19 Oct 2020 00:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10897

Actions (login required)

View Item View Item